5 Kota/Kabupaten Terbesar Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

5

Jawa Timur, sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia, menyimpan beragam keindahan alam dan potensi pariwisata yang menakjubkan. Dari pegunungan yang hijau hingga pantai yang memukau, berikut adalah lima kota/kabupaten terbesar di Jawa Timur yang patut dikunjungi untuk menikmati pesonanya.

1. Kabupaten Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi
Kabupaten Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi memiliki luas wilayah yang mencapai 5.782,40 km². Terkenal dengan keindahan alamnya, Banyuwangi menawarkan berbagai destinasi wisata yang menakjubkan. Salah satunya adalah Kawah Ijen, tempat dimana wisatawan dapat menyaksikan fenomena blue fire yang langka. Selain itu, Taman Nasional Baluran dan Pantai G-Land juga menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung yang menyukai petualangan alam.

Beberapa jarak Kota dan Kabupaten di sekitar Kabupaten Banyuwangi:

2. Kabupaten Malang

Kabupaten Malang
Kabupaten Malang

Kabupaten Malang memiliki luas wilayah sekitar 3.530,65 km² dan terkenal dengan pesona alamnya yang memikat. Gunung Bromo, salah satu ikon Jawa Timur, menjadi destinasi utama di Kabupaten Malang. Selain itu, Coban Rondo dengan keindahan air terjunnya dan Pantai Balekambang yang eksotis juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

Beberapa jarak Kota dan Kabupaten di sekitar Kota Malang:

3. Kabupaten Jember

Kabupaten Jember
Kabupaten Jember

Dengan luas wilayah mencapai 3.293,34 km², Kabupaten Jember memiliki banyak potensi wisata alam yang menakjubkan. Pantai Papuma dengan panorama keindahan alamnya, Teluk Love yang menawan hati, dan Air Terjun Tancak yang mempesona adalah beberapa destinasi wisata unggulan yang dapat dinikmati oleh pengunjung di Kabupaten Jember.

Beberapa jarak Kota dan Kabupaten di sekitar Kabupaten Jember:

4. Kabupaten Bojonegoro

Kabupaten Bojonegoro
Kabupaten Bojonegoro

Kabupaten Bojonegoro memiliki luas wilayah sekitar 2.307,06 km² dan dikenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Waduk Pacal, destinasi wisata air yang populer, menawarkan pemandangan yang memesona. Selain itu, Air Terjun Sedudo dan Fenomena Kayangan Api juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan alam Kabupaten Bojonegoro.

Beberapa jarak Kota dan Kabupaten di sekitar Kabupaten Bojonegoro:

5. Kabupaten Sumenep

Kabupaten Sumenep
Kabupaten Sumenep

Kabupaten Sumenep memiliki luas wilayah sekitar 2.093,46 km² dan terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona. Pantai Lombang, Gili Labak, dan Pulau Giligenteng adalah beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Sumenep. Keindahan alamnya yang masih alami dan suasana yang tenang membuat pengalaman wisata di sini menjadi tak terlupakan.

Beberapa jarak Kota dan Kabupaten di sekitar Kabupaten Sumenep:

Jawa Timur memiliki banyak sekali potensi pariwisata yang menakjubkan, dan lima kota/kabupaten terbesarnya yang telah disebutkan di atas menawarkan pengalaman wisata yang beragam dan tak terlupakan.

Dari keindahan alam pegunungan hingga keeksotisan pantai, Jawa Timur memiliki segala yang dibutuhkan untuk memuaskan hasrat petualangan dan eksplorasi para wisatawan. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi dan menikmati pesona alamnya yang memikat!

About the author

Online Navigator