Kab. Ciamis dan Kab. Pati merupakan dua daerah terkenal di Jawa Barat and Jawa Tengah. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kab. Pati dari Kab. Ciamis, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung lumayan jauh yaitu sekitar 399 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kab. Ciamis dan kota Kab. Pati terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti pemerintahan.

rute perjalanan Kab. Ciamis-Kab. Pati
rute perjalanan Kab. Ciamis-Kab. Pati

Jarak Kab. Ciamis-Kab. Pati

Jarak tempuh Kab. Ciamis-Kab. Pati399 km
Provinsi asalJawa Barat
Provinsi tujuanJawa Tengah
Waktu tempuh9 jam 56 min
Estimasi paling lama12 jam 37 min

Secara Geografis, kota Kab. Pati berada di sebelah timur kota Kab. Ciamis. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kab. Ciamis-Kab. Pati memiliki jarak yang lumayan jauh yaitu sekitar 399 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kab. Pati atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 9 jam 56 min.

Rute Kab. Ciamis-Kab. Pati

rute Kab. Ciamis-Kab. Pati
rute Kab. Ciamis-Kab. Pati

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kab. Ciamis-Kab. Pati, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kab. Ciamis ke Kab. Pati bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kab. Ciamis – Kab. Pati. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kab. Ciamis, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Rute 1 bisa dimulai dari Ciamis dengan waktu keberangkatan pada pukul 04.35. Anda bisa menggunakan Mutiara Selatan untuk bisa sampai di Stasiun Bandung. Dari Stasiun Bandung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Argo Parahyangan dan sampai di Bekasi. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Bandung ke Bekasi pada pukul 08.50. Setelah dari Jl. Perjuangan Utara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Metropolitan Mall – Perum Taman Wisma Asri. Dari Bekasi Cyber Park bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Medali Mas dan sampai di Terminal Kembang Joyo. Anda bisa memulai perjalanan dari Bekasi Cyber Park ke Terminal Kembang Joyo pada pukul 14.30. Dan sampai di Terminal Kembang Joyo.

Route 2

Rute 2 bisa dimulai dari Ciamis dengan waktu keberangkatan pada pukul 04.35. Anda bisa menggunakan Mutiara Selatan untuk bisa sampai di Stasiun Bandung. Dari Stasiun Bandung, Anda akan transit menuju Jatinegara lalu meneruskan perjalanan pada pukul 09.49. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Cikuray. Dari Jatinegara, Anda akan transit menuju Cakung lalu meneruskan perjalanan pada pukul 13.38. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Jatinegara – Manggarai – Cikarang. Setelah dari Terminal Pulo Gebang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Medali Mas. Dan sampai di Terminal Kembang Joyo.

Route 3

Rute 3 bisa dimulai dari Ciamis dengan waktu keberangkatan pada pukul 04.35. Anda bisa menggunakan Mutiara Selatan untuk bisa sampai di Stasiun Bandung. Setelah dari Stasiun Bandung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Cikuray. Setelah dari Cikampek bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Walahar Ekspres. Dari Terminal Klari bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Sahaalah dan sampai di Terminal Kembang Joyo. Anda bisa memulai perjalanan dari Terminal Klari ke Terminal Kembang Joyo pada pukul 18.00. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Terminal Kembang Joyo. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 4

Terakhir, Anda bisa mencoba rute 4 yang bisa dimulai dari Ciamis pada pukul 04.35. Anda bisa menggunakan Mutiara Selatan. Dari Stasiun Bandung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Cikuray dan sampai di Cikampek. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Bandung ke Cikampek pada pukul 09.49. Dari Cikampek, Anda akan transit menuju Klari lalu meneruskan perjalanan pada pukul 15.10. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Walahar Ekspres. Dari Terminal Klari, Anda akan transit menuju Terminal Kembang Joyo lalu meneruskan perjalanan pada pukul 18.00. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Sahaalah. Dan berakhir di Terminal Kembang Joyo dengan waktu kedatangan sekitar pukul 00.57.

Berapa Jam Kab. Ciamis Kab. Pati?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kab. Ciamis ke Kab. Pati. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 9 jam 56 min saat lalu lintas normal, dan 12 jam 37 min saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kab. Ciamis ke Kab. Pati.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kab. Ciamis-Kab. Pati maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,