Kab. Ciamis dan Kab. Brebes merupakan dua wilayah terkenal di Jawa Barat and Jawa Tengah. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kab. Brebes dari Kab. Ciamis, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung tidak terlalu jauh yaitu sekitar 139 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kab. Ciamis dan kota Kab. Brebes terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti pemerintahan.

rute perjalanan Kab. Ciamis-Kab. Brebes
rute perjalanan Kab. Ciamis-Kab. Brebes

Jarak Kab. Ciamis-Kab. Brebes

Jarak tempuh Kab. Ciamis-Kab. Brebes139 km
Provinsi asalJawa Barat
Provinsi tujuanJawa Tengah
Waktu tempuh3 jam 56 min
Estimasi paling lama4 jam 20 min

Secara Geografis, kota Kab. Brebes berada di sebelah timur laut kota Kab. Ciamis. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kab. Ciamis-Kab. Brebes memiliki jarak yang agak jauh yaitu sekitar 139 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kab. Brebes atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 3 jam 56 min.

Rute Kab. Ciamis-Kab. Brebes

rute Kab. Ciamis-Kab. Brebes
rute Kab. Ciamis-Kab. Brebes

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kab. Ciamis-Kab. Brebes, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kab. Ciamis ke Kab. Brebes bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kab. Ciamis – Kab. Brebes. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kab. Ciamis, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Perjalanan dari Kab. Ciamis-Kab. Brebes sejauh 250 km bisa menggunakan Rute ke-1 melalui Ciamis mulai berangkat pukul 12.09. Anda bisa menggunakan Baturraden Ekspres menuju Stasiun Purwokerto. Waktu tempuh antar stasiun ini yakni 2 jam 54 min. Setelah dari Stasiun Purwokerto bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Joglosemarkerto. Dari Stasiun Tegal bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Airlangga dan sampai di Stasiun Brebes. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Tegal ke Stasiun Brebes pada pukul 20.18. Dan berakhir di Stasiun Brebes dengan waktu kedatangan sekitar pukul 20.32.

Route 2

Perjalanan dari Kab. Ciamis-Kab. Brebes sejauh 362 km dilakukan dengan memilih Rute ke-2 yaitu melalui Ciamis mulai berangkat pukul 12.09. Anda bisa menggunakan Baturraden Ekspres menuju Stasiun Kroya. Waktu tempuh antar stasiun ini yakni 2 jam 29 min. Setelah dari Stasiun Kroya bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Purwojaya. Dari Cirebon, Anda akan transit menuju Stasiun Tegal lalu meneruskan perjalanan pada pukul 18.33. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Brawijaya. Dari Stasiun Tegal bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Airlangga dan sampai di Stasiun Brebes. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Tegal ke Stasiun Brebes pada pukul 20.18. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Stasiun Brebes. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 3

Rute 3 bisa dimulai dari Ciamis dengan waktu keberangkatan pada pukul 12.09. Anda bisa menggunakan Baturraden Ekspres untuk bisa sampai di Stasiun Purwokerto. Dari Stasiun Purwokerto, Anda akan transit menuju Cirebon lalu meneruskan perjalanan pada pukul 16.02. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Purwojaya. Dari Cirebon bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Argo Cheribon dan sampai di Stasiun Brebes. Anda bisa memulai perjalanan dari Cirebon ke Stasiun Brebes pada pukul 20.22. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Stasiun Brebes. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 4

Terakhir, Perjalanan dari Kab. Ciamis-Kab. Brebes menggunakan Rute ke-4 melalui Ciamis dengan waktu keberangkatan pukul 12.55. Anda bisa menggunakan Lodaya menuju Stasiun Bandung. Setelah dari Stasiun Bandung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Ciremai. Dari Jatibarang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Menoreh dan sampai di Stasiun Brebes. Anda bisa memulai perjalanan dari Jatibarang ke Stasiun Brebes pada pukul 21.51. Dan sampai di Stasiun Brebes.

Berapa Jam Kab. Ciamis Kab. Brebes?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kab. Ciamis ke Kab. Brebes. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 3 jam 56 min saat lalu lintas normal, dan 4 jam 20 min saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kab. Ciamis ke Kab. Brebes.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kab. Ciamis-Kab. Brebes maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,