Kab. Bandung Barat dan Kab. Kebumen merupakan dua daerah besar di Jawa Barat and Jawa Tengah. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kab. Kebumen dari Kab. Bandung Barat, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung lumayan jauh yaitu sekitar 313 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kab. Bandung Barat dan kota Kab. Kebumen terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti pemerintahan.

perjalanan dengan rute Kab. Bandung Barat-Kab. Kebumen
perjalanan dengan rute Kab. Bandung Barat-Kab. Kebumen

Jarak Kab. Bandung Barat-Kab. Kebumen

Jarak tempuh Kab. Bandung Barat-Kab. Kebumen313 km
Rute Kab. Bandung Barat-Kab. KebumenKab. Bandung Barat – Cimahi – Bandung – Tasikmalaya – Banyumas – Kab. Kebumen
Provinsi asalJawa Barat
Provinsi tujuanJawa Tengah
Waktu tempuh8 jam 10 menit
Estimasi paling lama9 jam 45 menit

Secara Geografis, kota Kab. Kebumen berada di sebelah timur kota Kab. Bandung Barat. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kab. Bandung Barat-Kab. Kebumen memiliki jarak yang lumayan jauh yaitu sekitar 313 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kab. Kebumen atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 8 jam 10 menit.

Rute Kab. Bandung Barat-Kab. Kebumen

rute Kab. Bandung Barat-Kab. Kebumen
rute Kab. Bandung Barat-Kab. Kebumen

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kab. Bandung Barat-Kab. Kebumen, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kab. Bandung Barat ke Kab. Kebumen bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kab. Bandung Barat – Kab. Kebumen. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kab. Bandung Barat, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Rute 1 memiliki jarak tempuh 10 jam 1 menit melalui RS Karisma Cimareme B. Untuk waktu keberangkatannya sekitar pukul 20.51, memilih Padalarang – Leuwipanjang . Dari Padalarang, Anda akan transit menuju Kiaracondong lalu meneruskan perjalanan pada pukul 21.30. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Cibatuan. Dari Kiaracondong bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Kahuripan dan sampai di Kebumen. Anda bisa memulai perjalanan dari Kiaracondong ke Kebumen pada pukul 23.10. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Kebumen. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 2

Rute ke-2 sepanjang 319 km melalui RS Karisma Cimareme B ditempuh dengan waktu 13 jam 56 menit. Untuk waktu keberangkatannya sekitar pukul 20.51 dan bisa memakai Padalarang – Leuwipanjang . Dari Padalarang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Cibatuan dan sampai di Cimahi. Anda bisa memulai perjalanan dari Padalarang ke Cimahi pada pukul 21.30. Setelah dari Cimahi bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Serayu. Setelah dari Stasiun Kroya bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Ranggajati. Dan sampai di Kebumen.

Route 3

Rute ke-3 memiliki jarak tempuh 7 jam 38 menit melalui Alfamidi Cimareme. Waktu berangkat sekitar pukul 06.15, menggunakan Padalarang – Leuwipanjang . Setelah dari BRI Cimahi bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Stasiun Hall – Cimahi Via Pasar Atas. Setelah dari Stasiun Bandung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Lodaya. Dan berakhir di Kebumen dengan waktu kedatangan sekitar pukul 12.53.

Route 4

Terakhir, Rute 4 bisa dimulai dari Alfamidi Cimareme dengan waktu keberangkatan pada pukul 07.25. Anda bisa menggunakan Padalarang – Leuwipanjang untuk bisa sampai di BRI Cimahi. Setelah dari BRI Cimahi bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Stasiun Hall – Cimahi Via Pasar Atas. Setelah dari Stasiun Bandung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Argo Wilis. Dari Stasiun Kroya bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Fajar Utama YK dan sampai di Kebumen. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Kroya ke Kebumen pada pukul 12.56. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Kebumen. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Berapa Jam Kab. Bandung Barat Kab. Kebumen?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kab. Bandung Barat ke Kab. Kebumen. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 8 jam 10 menit saat lalu lintas normal, dan 9 jam 45 menit saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kab. Bandung Barat ke Kab. Kebumen.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kab. Bandung Barat-Kab. Kebumen maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,