Kab. Bandung Barat dan Kota Semarang merupakan dua wilayah terkenal di Jawa Barat and Jawa Tengah. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kota Semarang dari Kab. Bandung Barat, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung cukup jauh yaitu sekitar 381 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kab. Bandung Barat dan kota Kota Semarang terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti administrasi and pemerintahan.

perjalanan dengan rute Kab. Bandung Barat-Kota Semarang
perjalanan dengan rute Kab. Bandung Barat-Kota Semarang

Jarak Kab. Bandung Barat-Kota Semarang

Jarak tempuh Kab. Bandung Barat-Kota Semarang381 km
Rute Kab. Bandung Barat-Kota SemarangKab. Bandung Barat – Bandung – Sumedang – Cirebon – Pekalongan – Semarang – Kota Semarang
Provinsi asalJawa Barat
Provinsi tujuanJawa Tengah
Waktu tempuh10 jam 6 menit
Estimasi paling lama11 jam 58 menit

Secara Geografis, kota Kota Semarang berada di sebelah timur kota Kab. Bandung Barat. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kab. Bandung Barat-Kota Semarang memiliki jarak yang lumayan jauh yaitu sekitar 381 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kota Semarang atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 10 jam 6 menit.

Rute Kab. Bandung Barat-Kota Semarang

rute Kab. Bandung Barat-Kota Semarang
rute Kab. Bandung Barat-Kota Semarang

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kab. Bandung Barat-Kota Semarang, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kab. Bandung Barat ke Kota Semarang bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kab. Bandung Barat – Kota Semarang. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kab. Bandung Barat, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Perjalanan dari Kab. Bandung Barat-Kota Semarang bisa menggunakan Rute ke-1 melewati RS Karisma Cimareme B dengan waktu keberangkatan pukul 20.51. Anda bisa menggunakan Padalarang – Leuwipanjang menuju Giant Supermarket Kota Baru Parahyangan. Jarak antar stasiun ini 2,3 km ditempuh dengan waktu 10 menit. Dari Padalarang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Cibatuan dan sampai di Cimahi. Anda bisa memulai perjalanan dari Padalarang ke Cimahi pada pukul 21.30. Setelah dari Cimahi bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Serayu. Setelah dari Bekasi bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Argo Muria. Dan berakhir di Semarang Tawang dengan waktu kedatangan sekitar pukul 12.26.

Route 2

Rute 2 bisa dimulai dari RS Karisma Cimareme B dengan waktu keberangkatan pada pukul 20.51. Anda bisa menggunakan Padalarang – Leuwipanjang untuk bisa sampai di Giant Supermarket Kota Baru Parahyangan. Setelah dari Padalarang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Cibatuan. Dari Cimahi, Anda akan transit menuju Stasiun Pasar Senen lalu meneruskan perjalanan pada pukul 00.07. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Serayu. Dari Stasiun Pasar Senen bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Kutojaya Utara dan sampai di Cirebon Prujakan. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Pasar Senen ke Cirebon Prujakan pada pukul 04.55. Dari Cirebon Prujakan bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Kaligung dan sampai di Semarang Poncol. Anda bisa memulai perjalanan dari Cirebon Prujakan ke Semarang Poncol pada pukul 09.00. Dan sampai di Semarang Poncol.

Route 3

Perjalanan dari Kab. Bandung Barat-Kota Semarang memilih Rute 3 dengan melalui Alfamidi Cimareme mulai berangkat pukul 05.47. Anda bisa menggunakan Padalarang – Leuwipanjang menuju Terminal Cimahi. Waktu tempuh antar stasiun ini yakni 23 menit. Setelah dari Cimahi bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Argo Parahyangan. Dari Stasiun Gambir, Anda akan transit menuju Cirebon lalu meneruskan perjalanan pada pukul 09.10. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Taksaka. Setelah dari Cirebon Prujakan bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Dharmawangsa. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Semarang Tawang. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 4

Pada rute terakhir ini, Rute 4 melalui Alfamidi Cimareme. Untuk waktu keberangkatannya sekitar pukul 16.27, menggunakan Padalarang – Leuwipanjang kearah Leuwipanjang. Dari Cimahi bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Ciremai dan sampai di Semarang Poncol. Anda bisa memulai perjalanan dari Cimahi ke Semarang Poncol pada pukul 17.02. Dan berakhir di Semarang Poncol dengan waktu kedatangan sekitar pukul 23.59.

Berapa Jam Kab. Bandung Barat Kota Semarang?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kab. Bandung Barat ke Kota Semarang. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 10 jam 6 menit saat lalu lintas normal, dan 11 jam 58 menit saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kab. Bandung Barat ke Kota Semarang.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kab. Bandung Barat-Kota Semarang maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,