Kab. Bandung Barat dan Kota Batu merupakan dua daerah besar di Jawa Barat and Jawa Timur. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kota Batu dari Kab. Bandung Barat, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung cukup jauh yaitu sekitar 706 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kab. Bandung Barat dan kota Kota Batu terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti administrasi and pemerintahan.

perjalanan dengan rute Kab. Bandung Barat-Kota Batu
perjalanan dengan rute Kab. Bandung Barat-Kota Batu

Jarak Kab. Bandung Barat-Kota Batu

Jarak tempuh Kab. Bandung Barat-Kota Batu706 km
Rute Kab. Bandung Barat-Kota BatuKab. Bandung Barat – Sumedang – Pekalongan – Demak – Ngawi – Kediri – Batu – Kota Batu
Provinsi asalJawa Barat
Provinsi tujuanJawa Timur
Waktu tempuh18 jam 17 menit
Estimasi paling lama22 jam 8 menit

Secara Geografis, kota Kota Batu berada di sebelah timur kota Kab. Bandung Barat. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kab. Bandung Barat-Kota Batu memiliki jarak yang lumayan jauh yaitu sekitar 706 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kota Batu atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 18 jam 17 menit.

Rute Kab. Bandung Barat-Kota Batu

rute Kab. Bandung Barat-Kota Batu
rute Kab. Bandung Barat-Kota Batu

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kab. Bandung Barat-Kota Batu, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kab. Bandung Barat ke Kota Batu bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kab. Bandung Barat – Kota Batu. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kab. Bandung Barat, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Rute 1 bisa dimulai dari Alfamidi Cimareme dengan waktu keberangkatan pada pukul 09.27. Anda bisa menggunakan Padalarang – Leuwipanjang untuk bisa sampai di Terminal Cimahi. Dari Cimahi bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Cikuray dan sampai di Jatinegara. Anda bisa memulai perjalanan dari Cimahi ke Jatinegara pada pukul 10.02. Dari Jatinegara, Anda akan transit menuju Stasiun Gambir lalu meneruskan perjalanan pada pukul 14.52. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Taksaka. Dari Stasiun Gambir bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Brawijaya dan sampai di Malang Kotalama. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Gambir ke Malang Kotalama pada pukul 15.40. Dari Stasiun Kota Lama, Anda akan transit menuju Terminal Landungsari lalu meneruskan perjalanan pada pukul 05.13. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Landungsari – Hamid Rusdi Via Idjen Boulevard. Dari Terminal Landungsari, Anda akan transit menuju Terminal Batu lalu meneruskan perjalanan pada pukul 06.09. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Batu – Landungsari. Dan berakhir di Terminal Batu dengan waktu kedatangan sekitar pukul 06.28.

Route 2

Anda bisa mencoba rute 2 yang bisa dimulai dari Alfamidi Cimareme pada pukul 09.27. Anda bisa menggunakan Padalarang – Leuwipanjang. Setelah dari Cimahi bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Cikuray. Setelah dari Jatinegara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Taksaka. Dari Stasiun Gambir, Anda akan transit menuju Stasiun Malang lalu meneruskan perjalanan pada pukul 15.40. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Brawijaya. Dari Halte Sriwijaya Kertanegara, Anda akan transit menuju Terminal Landungsari lalu meneruskan perjalanan pada pukul 05.24. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Arjosari – Landungsari. Setelah dari Terminal Landungsari bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Batu – Landungsari. Dan sampai di Terminal Batu.

Route 3

Anda bisa mencoba rute 3 yang bisa dimulai dari Alfamidi Cimareme pada pukul 16.10. Anda bisa menggunakan Padalarang – Leuwipanjang. Setelah dari BRI Cimahi bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Stasiun Hall – Cimahi Via Pasar Atas. Setelah dari Stasiun Bandung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Malabar. Setelah dari Halte Sriwijaya Kertanegara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Arjosari – Landungsari. Setelah dari Terminal Landungsari bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Batu – Landungsari. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Terminal Batu. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 4

Terakhir, Rute 4 bisa dimulai dari Alfamidi Cimareme dengan waktu keberangkatan pada pukul 17.50. Anda bisa menggunakan Padalarang – Leuwipanjang untuk bisa sampai di BRI Cimahi. Dari BRI Cimahi, Anda akan transit menuju Stasiun Bandung lalu meneruskan perjalanan pada pukul 18.14. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Stasiun Hall – Cimahi Via Pasar Atas. Dari Stasiun Bandung, Anda akan transit menuju Solo Balapan lalu meneruskan perjalanan pada pukul 18.40. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Turangga. Setelah dari Solo Balapan bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Gajayana. Dari Halte Sriwijaya Kertanegara, Anda akan transit menuju Terminal Landungsari lalu meneruskan perjalanan pada pukul 07.24. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Arjosari – Landungsari. Setelah dari Terminal Landungsari bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Batu – Landungsari. Dan berakhir di Terminal Batu dengan waktu kedatangan sekitar pukul 08.32.

Berapa Jam Kab. Bandung Barat Kota Batu?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kab. Bandung Barat ke Kota Batu. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 18 jam 17 menit saat lalu lintas normal, dan 22 jam 8 menit saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kab. Bandung Barat ke Kota Batu.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kab. Bandung Barat-Kota Batu maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,