Kota Bandung dan Kota Sukabumi merupakan dua besar di Jawa Barat. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kota Sukabumi dari Kota Bandung, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung tidak terlalu jauh yaitu sekitar 95,4 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kota Bandung dan kota Kota Sukabumi terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti perdagangan and administratif.

perjalanan dengan rute Kota Bandung-Kota Sukabumi
perjalanan dengan rute Kota Bandung-Kota Sukabumi

Jarak Kota Bandung-Kota Sukabumi

Jarak tempuh Kota Bandung-Kota Sukabumi95,4 km
Rute Kota Bandung-Kota SukabumiKota Bandung – Bandung – Cimahi – Bandung Barat – Cianjur – Kota Sukabumi
Provinsi asalJawa Barat
Provinsi tujuanJawa Barat
Waktu tempuh3 jam 10 min
Estimasi paling lama3 jam 29 min

Secara Geografis, kota Kota Sukabumi berada di sebelah barat kota Kota Bandung. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kota Bandung-Kota Sukabumi memiliki jarak yang pendek yaitu sekitar 95,4 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kota Sukabumi atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 3 jam 10 min.

Rute Kota Bandung-Kota Sukabumi

rute Kota Bandung-Kota Sukabumi
rute Kota Bandung-Kota Sukabumi

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kota Bandung-Kota Sukabumi, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kota Bandung ke Kota Sukabumi bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kota Bandung – Kota Sukabumi. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kota Bandung, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Perjalanan dari Kota Bandung-Kota Sukabumi bisa memilih Rute ke-1 melewati Stasiun Bandung mulai berangkat pukul 23.31. Anda bisa menggunakan Bandung Raya menuju Cimahi. Waktu tempuh antar stasiun ini yakni 17 menit. Setelah dari Cimahi bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Serayu. Dari Pasar Senen Jaya, Anda akan transit menuju Terminal Bubulak lalu meneruskan perjalanan pada pukul 06.13. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Senen – Bogor. Dari Terminal Bubulak bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Sukasari – Bubulak dan sampai di Stasiun Bogor 1. Anda bisa memulai perjalanan dari Terminal Bubulak ke Stasiun Bogor 1 pada pukul 07.40. Dari Bogor, Anda akan transit menuju Stasiun Sukabumi lalu meneruskan perjalanan pada pukul 08.30. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Pangrango. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Stasiun Sukabumi. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 2

Anda bisa mencoba rute 2 yang bisa dimulai dari Stasiun Bandung pada pukul 23.31. Anda bisa menggunakan Bandung Raya. Dari Cimahi, Anda akan transit menuju Jatinegara lalu meneruskan perjalanan pada pukul 00.07. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Serayu. Dari St Ka Jatinegara, Anda akan transit menuju Cawang Soetoyo 2 lalu meneruskan perjalanan pada pukul 03.48. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Jatinegara – Gandaria Raya Bogor. Dari Cawang Soetoyo 2 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Grogol – Ciawi dan sampai di Ciawi. Anda bisa memulai perjalanan dari Cawang Soetoyo 2 ke Ciawi pada pukul 05.38. Dari Ciawi bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Sukasari – Cicurug dan sampai di Masjid As. Salafiyah. Anda bisa memulai perjalanan dari Ciawi ke Masjid As. Salafiyah pada pukul 06.34. Dari Cigombong, Anda akan transit menuju Stasiun Sukabumi lalu meneruskan perjalanan pada pukul 09.11. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Pangrango. Dan sampai di Stasiun Sukabumi.

Route 3

Rute ke-3 melalui Stasiun Bandung. Mulai berangkat sekitar pukul 23.31, menggunakan Bandung Raya menuju Padalarang. Dari Cimahi bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Serayu dan sampai di Stasiun Pasar Senen. Anda bisa memulai perjalanan dari Cimahi ke Stasiun Pasar Senen pada pukul 00.07. Setelah dari Pasar Senen Jaya bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Senen – Bogor. Setelah dari Rest Area Cibubur bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Grogol – Ciawi. Setelah dari Ciawi bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Sukasari – Cicurug. Dari Cigombong bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Pangrango dan sampai di Stasiun Sukabumi. Anda bisa memulai perjalanan dari Cigombong ke Stasiun Sukabumi pada pukul 09.11. Dan berakhir di Stasiun Sukabumi dengan waktu kedatangan sekitar pukul 10.30.

Route 4

Pada rute terakhir ini, Rute 4 bisa dimulai dari Stasiun Bandung dengan waktu keberangkatan pada pukul 08.50. Anda bisa menggunakan Argo Parahyangan untuk bisa sampai di Stasiun Gambir. Dari Gambir 3 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Gondangdia – Cikini via Kramat Raya dan sampai di St. Cikini Timur. Anda bisa memulai perjalanan dari Gambir 3 ke St. Cikini Timur pada pukul 12.10. Dari Stasiun Cikini bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Jakarta Kota – Bogor/Nambo dan sampai di Bogor. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Cikini ke Bogor pada pukul 12.54. Dari Bogor bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Pangrango dan sampai di Stasiun Sukabumi. Anda bisa memulai perjalanan dari Bogor ke Stasiun Sukabumi pada pukul 14.30. Dan sampai di Stasiun Sukabumi.

Berapa Jam Kota Bandung Kota Sukabumi?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kota Bandung ke Kota Sukabumi. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 3 jam 10 min saat lalu lintas normal, dan 3 jam 29 min saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kota Bandung ke Kota Sukabumi.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kota Bandung-Kota Sukabumi maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,