Kota Bandung dan Kota Cilegon merupakan dua tempat terkenal di Jawa Barat and Banten. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kota Cilegon dari Kota Bandung, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung tidak terlalu jauh yaitu sekitar 276 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kota Bandung dan kota Kota Cilegon terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti perdagangan and pemerintahan.

perjalanan dengan rute Kota Bandung-Kota Cilegon
perjalanan dengan rute Kota Bandung-Kota Cilegon

Jarak Kota Bandung-Kota Cilegon

Jarak tempuh Kota Bandung-Kota Cilegon276 km
Rute Kota Bandung-Kota CilegonKota Bandung – Cimahi – Karawang – Jakarta Timur – Jakarta Pusat – Tangerang – Serang – Kota Cilegon
Provinsi asalJawa Barat
Provinsi tujuanBanten
Waktu tempuh8 jam 7 min
Estimasi paling lama8 jam 44 min

Secara Geografis, kota Kota Cilegon berada di sebelah barat laut kota Kota Bandung. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kota Bandung-Kota Cilegon memiliki jarak yang berdekatan yaitu sekitar 276 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kota Cilegon atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 8 jam 7 min.

Rute Kota Bandung-Kota Cilegon

rute Kota Bandung-Kota Cilegon
rute Kota Bandung-Kota Cilegon

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kota Bandung-Kota Cilegon, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kota Bandung ke Kota Cilegon bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kota Bandung – Kota Cilegon. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kota Bandung, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Perjalanan dari Kota Bandung-Kota Cilegon bisa menggunakan Rute 1 melewati Stasiun Bandung dengan waktu keberangkatan pukul 23.31. Anda bisa menggunakan Bandung Raya menuju Cimahi. Waktu tempuh antar stasiun ini yakni 17 menit. Dari Cimahi, Anda akan transit menuju Jatinegara lalu meneruskan perjalanan pada pukul 00.07. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Serayu. Dari Jatinegara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Jatinegara – Manggarai – Cikarang dan sampai di Stasiun Tanahabang. Anda bisa memulai perjalanan dari Jatinegara ke Stasiun Tanahabang pada pukul 05.10. Dari Stasiun Tanahabang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung dan sampai di Stasiun Rangkasbitung. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Tanahabang ke Stasiun Rangkasbitung pada pukul 05.45. Dari Stasiun Rangkasbitung, Anda akan transit menuju Stasiun Cilegon lalu meneruskan perjalanan pada pukul 09.55. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan KA Lokal Merak. Dan sampai di Stasiun Cilegon.

Route 2

Perjalanan dari Kota Bandung-Kota Cilegon sejauh 316 km bisa menggunakan Rute 2 yaitu melalui Pascasarjana Unikom mulai berangkat pukul 22.24. Anda bisa menggunakan Abdul Muis – Dago menuju SDN Ciateul Bandung B. Jarak antar stasiun ini 5,7 km ditempuh dengan waktu 25 menit. Dari Toko Subur, Anda akan transit menuju Berkah Jaya Shoes lalu meneruskan perjalanan pada pukul 23.04. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Abdul Muis – Cicaheum. Setelah dari Kiaracondong bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Serayu. Dari Jatinegara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Jatinegara – Manggarai – Cikarang dan sampai di Stasiun Tanahabang. Anda bisa memulai perjalanan dari Jatinegara ke Stasiun Tanahabang pada pukul 05.10. Setelah dari Stasiun Tanahabang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung. Setelah dari Stasiun Rangkasbitung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan KA Lokal Merak. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Stasiun Cilegon. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 3

Perjalanan dari Kota Bandung-Kota Cilegon sejauh 301 km memilih Rute ke-3 melewati Stasiun Bandung dengan waktu keberangkatan pukul 06.10. Anda bisa menggunakan Argo Parahyangan menuju Stasiun Gambir. Setelah dari Balai Kota 1 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Senen – Tanah Abang. Dari Stasiun Tanahabang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung dan sampai di Stasiun Rangkasbitung. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Tanahabang ke Stasiun Rangkasbitung pada pukul 09.45. Setelah dari Stasiun Rangkasbitung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan KA Lokal Merak. Dan berakhir di Stasiun Cilegon dengan waktu kedatangan sekitar pukul 15.23.

Route 4

Terakhir, Rute ke-4 melalui Stasiun Bandung. Untuk waktu keberangkatannya sekitar pukul 09.49, menggunakan Cikuray . Setelah dari Jatinegara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Jatinegara – Manggarai – Cikarang. Dari Stasiun Tanahabang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung dan sampai di Stasiun Rangkasbitung. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Tanahabang ke Stasiun Rangkasbitung pada pukul 14.15. Dari Stasiun Rangkasbitung, Anda akan transit menuju Stasiun Cilegon lalu meneruskan perjalanan pada pukul 16.25. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan KA Lokal Merak. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Stasiun Cilegon. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Berapa Jam Kota Bandung Kota Cilegon?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kota Bandung ke Kota Cilegon. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 8 jam 7 min saat lalu lintas normal, dan 8 jam 44 min saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kota Bandung ke Kota Cilegon.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kota Bandung-Kota Cilegon maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,