Kota Sukabumi dan Kota Bekasi merupakan dua daerah terkenal di Jawa Barat. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kota Bekasi dari Kota Sukabumi, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung tidak terlalu jauh yaitu sekitar 125 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kota Sukabumi dan kota Kota Bekasi terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti perdagangan and administratif.

perjalanan dengan rute Kota Sukabumi-Kota Bekasi
perjalanan dengan rute Kota Sukabumi-Kota Bekasi

Jarak Kota Sukabumi-Kota Bekasi

Jarak tempuh Kota Sukabumi-Kota Bekasi125 km
Rute Kota Sukabumi-Kota BekasiKota Sukabumi – Sukabumi – Cianjur – Bogor – Bekasi – Kota Bekasi
Provinsi asalJawa Barat
Provinsi tujuanJawa Barat
Waktu tempuh4 jam 10 min
Estimasi paling lama4 jam 14 min

Secara Geografis, kota Kota Bekasi berada di sebelah utara kota Kota Sukabumi. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kota Sukabumi-Kota Bekasi memiliki jarak yang tidak terlalu jauh yaitu sekitar 125 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kota Bekasi atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 4 jam 10 min.

Rute Kota Sukabumi-Kota Bekasi

rute Kota Sukabumi-Kota Bekasi
rute Kota Sukabumi-Kota Bekasi

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kota Sukabumi-Kota Bekasi, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kota Sukabumi ke Kota Bekasi bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kota Sukabumi – Kota Bekasi. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kota Sukabumi, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Rute 1 bisa dimulai dari Stasiun Sukabumi dengan waktu keberangkatan pada pukul 05.30. Anda bisa menggunakan Pangrango untuk bisa sampai di Bogor. Dari Stasiun Bogor 1, Anda akan transit menuju RS PMI Bogor lalu meneruskan perjalanan pada pukul 07.36. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Sukasari – Bubulak. Dari RS PMI Bogor, Anda akan transit menuju Terminal Baranangsiang 2 lalu meneruskan perjalanan pada pukul 07.51. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Ciheuleut – Ramayana. Dari Terminal Baranangsiang 2 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Bogor – Bekasi dan sampai di Groserindo. Anda bisa memulai perjalanan dari Terminal Baranangsiang 2 ke Groserindo pada pukul 08.53. Setelah dari Terminal Bekasi K02 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Terminal Bekasi – Pondok Gede. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Kemang Pratama. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 2

Rute 2 melalui Stasiun Sukabumi. Waktu berangkat sekitar pukul 05.30 dan bisa menggunakan Pangrango . Dari Puskesmas Cigombong bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Sukasari – Cicurug dan sampai di Seberang SMK YZA 1 Bogor. Anda bisa memulai perjalanan dari Puskesmas Cigombong ke Seberang SMK YZA 1 Bogor pada pukul 07.08. Setelah dari SMK YZA 1 Bogor bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Baranangsiang – Ciawi. Dari Seberang Ciawi, Anda akan transit menuju Plaza Cibubur Depan lalu meneruskan perjalanan pada pukul 07.56. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Cileungsi – Ciawi. Setelah dari Plaza Cibubur Depan bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Kampung Rambutan – Komsen. Dari Komsen Utara, Anda akan transit menuju Kemang Pratama Utara lalu meneruskan perjalanan pada pukul 09.59. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Terminal Bekasi – Pondok Gede. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Kemang Pratama Utara. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 3

Rute 3 memiliki jarak tempuh 5 jam 20 menit melalui Stasiun Sukabumi. Waktu berangkat sekitar pukul 05.30 dan bisa memakai Pangrango kearah Bogor. Dari Seberang Stasiun Batutulis, Anda akan transit menuju Pizza Hut Pahlawan lalu meneruskan perjalanan pada pukul 07.32. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Warung Nangka – Bogor Trade Mall. Setelah dari Seberang Pizza Hut Pahlawan bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Warung Nangka – Bogor Trade Mall. Dari Jl. Sukasari, Anda akan transit menuju Terminal Baranangsiang – Bogor lalu meneruskan perjalanan pada pukul 08.08. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Ciparigi – Sukasari. Dari Terminal Baranangsiang 2 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Bogor – Bekasi dan sampai di Groserindo. Anda bisa memulai perjalanan dari Terminal Baranangsiang 2 ke Groserindo pada pukul 09.13. Setelah dari Terminal Bekasi K02 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Terminal Bekasi – Pondok Gede. Dan berakhir di Kemang Pratama dengan waktu kedatangan sekitar pukul 10.36.

Route 4

Dan untuk rute terakhir, Rute 4 bisa dimulai dari Stasiun Sukabumi dengan waktu keberangkatan pada pukul 05.30. Anda bisa menggunakan Pangrango untuk bisa sampai di Bogor. Dari Stasiun Bogor 1, Anda akan transit menuju RS PMI Bogor lalu meneruskan perjalanan pada pukul 07.36. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Sukasari – Bubulak. Dari RS PMI Bogor, Anda akan transit menuju Terminal Baranangsiang 2 lalu meneruskan perjalanan pada pukul 07.51. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Ciheuleut – Ramayana. Setelah dari Terminal Baranangsiang 2 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Bogor – Tanjung Priok. Setelah dari Sunter Kelapa Gading 2 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Tanjung Priok – Bekasi Barat. Setelah dari Lampu Merah – Jl. Cut Meutia bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Terminal Bekasi – Pondok Gede. Dan sampai di Kemang Pratama.

Berapa Jam Kota Sukabumi Kota Bekasi?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kota Sukabumi ke Kota Bekasi. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 4 jam 10 min saat lalu lintas normal, dan 4 jam 14 min saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kota Sukabumi ke Kota Bekasi.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kota Sukabumi-Kota Bekasi maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,