Kota Sukabumi dan Kota Pekalongan merupakan dua daerah terkenal di Jawa Barat and Jawa Tengah. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kota Pekalongan dari Kota Sukabumi, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung cukup jauh yaitu sekitar 357 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kota Sukabumi dan kota Kota Pekalongan terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti administrasi and pemerintahan.

rute perjalanan Kota Sukabumi-Kota Pekalongan
rute perjalanan Kota Sukabumi-Kota Pekalongan

Jarak Kota Sukabumi-Kota Pekalongan

Jarak tempuh Kota Sukabumi-Kota Pekalongan357 km
Rute Kota Sukabumi-Kota PekalonganKota Sukabumi – Cianjur – Bandung – Cirebon – Pemalang – Kota Pekalongan
Provinsi asalJawa Barat
Provinsi tujuanJawa Tengah
Waktu tempuh10 jam 0 menit
Estimasi paling lama11 jam 16 menit

Secara Geografis, kota Kota Pekalongan berada di sebelah timur kota Kota Sukabumi. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kota Sukabumi-Kota Pekalongan memiliki jarak yang lumayan jauh yaitu sekitar 357 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kota Pekalongan atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 10 jam 0 menit.

Rute Kota Sukabumi-Kota Pekalongan

rute Kota Sukabumi-Kota Pekalongan
rute Kota Sukabumi-Kota Pekalongan

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kota Sukabumi-Kota Pekalongan, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kota Sukabumi ke Kota Pekalongan bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kota Sukabumi – Kota Pekalongan. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kota Sukabumi, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Anda bisa mencoba rute 1 yang bisa dimulai dari Stasiun Sukabumi pada pukul 05.30. Anda bisa menggunakan Pangrango. Setelah dari Stasiun Bogor bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Terminal Ciparigi – Stasiun Bogor. Setelah dari Tugu Narkoba 2 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Senen – Bogor. Dari Stasiun Pasar Senen bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Matarmaja dan sampai di Pekalongan. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Pasar Senen ke Pekalongan pada pukul 10.20. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Pekalongan. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 2

Anda bisa mencoba rute 2 yang bisa dimulai dari Stasiun Sukabumi pada pukul 05.30. Anda bisa menggunakan Pangrango. Dari Stasiun Bogor, Anda akan transit menuju Tugu Narkoba 2 lalu meneruskan perjalanan pada pukul 07.43. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Terminal Ciparigi – Stasiun Bogor. Dari Tugu Narkoba 2 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Senen – Bogor dan sampai di Terminal Senen. Anda bisa memulai perjalanan dari Tugu Narkoba 2 ke Terminal Senen pada pukul 08.33. Dari Stasiun Pasar Senen, Anda akan transit menuju Pekalongan lalu meneruskan perjalanan pada pukul 10.20. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Matarmaja. Dan berakhir di Pekalongan dengan waktu kedatangan sekitar pukul 16.07.

Route 3

Rute 3 bisa dimulai dari Stasiun Sukabumi dengan waktu keberangkatan pada pukul 05.30. Anda bisa menggunakan Pangrango untuk bisa sampai di Bogor. Dari Bappeda Bogor, Anda akan transit menuju Seberang Ciawi lalu meneruskan perjalanan pada pukul 07.50. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Terminal Bubulak – Ciawi. Setelah dari Seberang Ciawi bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Senen – Ciawi. Dari Stasiun Pasar Senen bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Matarmaja dan sampai di Pekalongan. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Pasar Senen ke Pekalongan pada pukul 10.20. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Pekalongan. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 4

Terakhir, Rute ke-4 memiliki jarak tempuh 8 jam 53 menit melalui Stasiun Sukabumi. Waktu berangkat sekitar pukul 11.25 dan bisa memakai Pangrango menuju Bogor. Setelah dari Bogor bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Jakarta Kota – Bogor/Nambo. Dari Stasiun Gambir bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Brawijaya dan sampai di Pekalongan. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Gambir ke Pekalongan pada pukul 15.40. Dan berakhir di Pekalongan dengan waktu kedatangan sekitar pukul 20.18.

Berapa Jam Kota Sukabumi Kota Pekalongan?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kota Sukabumi ke Kota Pekalongan. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 10 jam 0 menit saat lalu lintas normal, dan 11 jam 16 menit saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kota Sukabumi ke Kota Pekalongan.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kota Sukabumi-Kota Pekalongan maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,