Kota Tasikmalaya dan Kota Batu merupakan dua tempat terkenal di Jawa Barat and Jawa Timur. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kota Batu dari Kota Tasikmalaya, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung lumayan jauh yaitu sekitar 604 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kota Tasikmalaya dan kota Kota Batu terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti bisnis and administratif.

perjalanan dengan rute Kota Tasikmalaya-Kota Batu
perjalanan dengan rute Kota Tasikmalaya-Kota Batu

Jarak Kota Tasikmalaya-Kota Batu

Jarak tempuh Kota Tasikmalaya-Kota Batu604 km
Rute Kota Tasikmalaya-Kota BatuKota Tasikmalaya – Banjarnegara – Temanggung – Sragen – Ngawi – Kediri – Batu – Kota Batu
Provinsi asalJawa Barat
Provinsi tujuanJawa Timur
Waktu tempuh15 jam 10 menit
Estimasi paling lama17 jam 5 menit

Secara Geografis, kota Kota Batu berada di sebelah timur kota Kota Tasikmalaya. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kota Tasikmalaya-Kota Batu memiliki jarak yang lumayan jauh yaitu sekitar 604 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kota Batu atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 15 jam 10 menit.

Rute Kota Tasikmalaya-Kota Batu

rute Kota Tasikmalaya-Kota Batu
rute Kota Tasikmalaya-Kota Batu

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kota Tasikmalaya-Kota Batu, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kota Tasikmalaya ke Kota Batu bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kota Tasikmalaya – Kota Batu. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kota Tasikmalaya, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Rute ke-1 sepanjang 686 km melalui Stasiun Tasikmalaya ditempuh dengan waktu 1 hari 3 jam. Untuk waktu keberangkatannya sekitar pukul 02.04, memakai Kahuripan . Dari Stasiun Kertosono bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Dhoho Penataran dan sampai di Malang Kotalama. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Kertosono ke Malang Kotalama pada pukul 12.05. Setelah dari Stasiun Kota Lama bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Landungsari – Hamid Rusdi Via Idjen Boulevard. Dari Terminal Landungsari, Anda akan transit menuju Terminal Batu lalu meneruskan perjalanan pada pukul 05.00. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Batu – Landungsari. Dan berakhir di Terminal Batu dengan waktu kedatangan sekitar pukul 05.19.

Route 2

Rute 2 bisa dimulai dari Stasiun Tasikmalaya dengan waktu keberangkatan pada pukul 10.54. Anda bisa menggunakan Argo Wilis untuk bisa sampai di Solo Balapan. Dari Solo Balapan, Anda akan transit menuju Stasiun Malang lalu meneruskan perjalanan pada pukul 21.41. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Kertanegara. Dari Halte Sriwijaya Kertanegara, Anda akan transit menuju Terminal Landungsari lalu meneruskan perjalanan pada pukul 05.24. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Arjosari – Landungsari. Dari Terminal Landungsari, Anda akan transit menuju Terminal Batu lalu meneruskan perjalanan pada pukul 06.12. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Batu – Landungsari. Dan sampai di Terminal Batu.

Route 3

Anda bisa mencoba rute 3 yang bisa dimulai dari Stasiun Tasikmalaya pada pukul 13.00. Anda bisa menggunakan Pasundan. Dari Stasiun Klaten bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Yogyakarta – Solo dan sampai di Stasiun Solojebres. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Klaten ke Stasiun Solojebres pada pukul 19.04. Dari Stasiun Solojebres, Anda akan transit menuju Malang Kotalama lalu meneruskan perjalanan pada pukul 20.15. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Matarmaja. Dari Stasiun Kota Lama, Anda akan transit menuju Terminal Landungsari lalu meneruskan perjalanan pada pukul 05.13. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Landungsari – Hamid Rusdi Via Idjen Boulevard. Setelah dari Terminal Landungsari bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Batu – Landungsari. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Terminal Batu. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 4

Dan untuk rute terakhir, Rute 4 bisa dimulai dari Stasiun Tasikmalaya dengan waktu keberangkatan pada pukul 20.06. Anda bisa menggunakan Malabar untuk bisa sampai di Stasiun Malang. Setelah dari Halte Sriwijaya Kertanegara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Arjosari – Landungsari. Dari Terminal Landungsari bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Batu – Landungsari dan sampai di Terminal Batu. Anda bisa memulai perjalanan dari Terminal Landungsari ke Terminal Batu pada pukul 07.42. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Terminal Batu. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Berapa Jam Kota Tasikmalaya Kota Batu?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kota Tasikmalaya ke Kota Batu. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 15 jam 10 menit saat lalu lintas normal, dan 17 jam 5 menit saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kota Tasikmalaya ke Kota Batu.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kota Tasikmalaya-Kota Batu maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,