Kota Tasikmalaya dan Kota Cilegon merupakan dua wilayah terkenal di Jawa Barat and Banten. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kota Cilegon dari Kota Tasikmalaya, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung cukup jauh yaitu sekitar 369 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kota Tasikmalaya dan kota Kota Cilegon terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti bisnis and administratif.

perjalanan dengan rute Kota Tasikmalaya-Kota Cilegon
perjalanan dengan rute Kota Tasikmalaya-Kota Cilegon

Jarak Kota Tasikmalaya-Kota Cilegon

Jarak tempuh Kota Tasikmalaya-Kota Cilegon369 km
Rute Kota Tasikmalaya-Kota CilegonKota Tasikmalaya – Sumedang – Cimahi – Bogor – Lebak – Serang – Kota Cilegon
Provinsi asalJawa Barat
Provinsi tujuanBanten
Waktu tempuh11 jam 40 menit
Estimasi paling lama13 jam 44 menit

Secara Geografis, kota Kota Cilegon berada di sebelah barat laut kota Kota Tasikmalaya. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kota Tasikmalaya-Kota Cilegon memiliki jarak yang lumayan jauh yaitu sekitar 369 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kota Cilegon atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 11 jam 40 menit.

Rute Kota Tasikmalaya-Kota Cilegon

rute Kota Tasikmalaya-Kota Cilegon
rute Kota Tasikmalaya-Kota Cilegon

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kota Tasikmalaya-Kota Cilegon, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kota Tasikmalaya ke Kota Cilegon bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kota Tasikmalaya – Kota Cilegon. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kota Tasikmalaya, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Anda bisa mencoba rute 1 yang bisa dimulai dari Stasiun Tasikmalaya pada pukul 02.44. Anda bisa menggunakan Turangga. Dari Stasiun Bandung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Argo Parahyangan dan sampai di Stasiun Gambir. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Bandung ke Stasiun Gambir pada pukul 06.10. Dari Balai Kota 1, Anda akan transit menuju Explorer Tanah Abang lalu meneruskan perjalanan pada pukul 09.11. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Senen – Tanah Abang. Setelah dari Stasiun Tanahabang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung. Setelah dari Stasiun Rangkasbitung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan KA Lokal Merak. Dan berakhir di Stasiun Cilegon dengan waktu kedatangan sekitar pukul 15.23.

Route 2

Rute 2 bisa dimulai dari Stasiun Tasikmalaya dengan waktu keberangkatan pada pukul 02.44. Anda bisa menggunakan Turangga untuk bisa sampai di Stasiun Bandung. Dari Stasiun Bandung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Argo Parahyangan dan sampai di Stasiun Gambir. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Bandung ke Stasiun Gambir pada pukul 06.10. Dari St. Gondangdia 2, Anda akan transit menuju Explorer Tanah Abang lalu meneruskan perjalanan pada pukul 09.26. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Tanah Abang – Stasiun Gondangdia. Dari Stasiun Tanahabang, Anda akan transit menuju Stasiun Rangkasbitung lalu meneruskan perjalanan pada pukul 10.25. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung. Dari Stasiun Rangkasbitung, Anda akan transit menuju Stasiun Cilegon lalu meneruskan perjalanan pada pukul 13.50. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan KA Lokal Merak. Dan sampai di Stasiun Cilegon.

Route 3

Rute ke-3 sepanjang 414 km melalui Stasiun Tasikmalaya ditempuh dengan waktu 13 jam 3 min. Waktu berangkat sekitar pukul 05.03, memilih Mutiara Selatan . Setelah dari Stasiun Bandung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Cikuray. Dari Jatinegara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Jatinegara – Manggarai – Cikarang dan sampai di Stasiun Tanahabang. Anda bisa memulai perjalanan dari Jatinegara ke Stasiun Tanahabang pada pukul 13.36. Dari Stasiun Tanahabang, Anda akan transit menuju Stasiun Rangkasbitung lalu meneruskan perjalanan pada pukul 14.15. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung. Dari Stasiun Rangkasbitung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan KA Lokal Merak dan sampai di Stasiun Cilegon. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Rangkasbitung ke Stasiun Cilegon pada pukul 16.25. Dan berakhir di Stasiun Cilegon dengan waktu kedatangan sekitar pukul 17.59.

Route 4

Pada rute terakhir ini, Rute ke-4 melalui Stasiun Tasikmalaya. Waktu berangkat sekitar pukul 10.25, memilih Serayu . Setelah dari Jatinegara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Jatinegara – Manggarai – Cikarang. Setelah dari Stasiun Tanahabang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung. Dari Stasiun Rangkasbitung, Anda akan transit menuju Stasiun Cilegon lalu meneruskan perjalanan pada pukul 21.25. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan KA Lokal Merak. Dan berakhir di Stasiun Cilegon dengan waktu kedatangan sekitar pukul 22.59.

Berapa Jam Kota Tasikmalaya Kota Cilegon?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kota Tasikmalaya ke Kota Cilegon. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 11 jam 40 menit saat lalu lintas normal, dan 13 jam 44 menit saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kota Tasikmalaya ke Kota Cilegon.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kota Tasikmalaya-Kota Cilegon maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,