Kota Banjar dan Kota Cilegon merupakan dua wilayah besar di Jawa Barat and Banten. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kota Cilegon dari Kota Banjar, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung lumayan jauh yaitu sekitar 401 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kota Banjar dan kota Kota Cilegon terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti bisnis and pemerintahan.

perjalanan dengan rute Kota Banjar-Kota Cilegon
perjalanan dengan rute Kota Banjar-Kota Cilegon

Jarak Kota Banjar-Kota Cilegon

Jarak tempuh Kota Banjar-Kota Cilegon401 km
Rute Kota Banjar-Kota CilegonKota Banjar – Sumedang – Cimahi – Bogor – Lebak – Serang – Kota Cilegon
Provinsi asalJawa Barat
Provinsi tujuanBanten
Waktu tempuh12 jam 18 min
Estimasi paling lama15 jam 21 min

Secara Geografis, kota Kota Cilegon berada di sebelah barat laut kota Kota Banjar. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kota Banjar-Kota Cilegon memiliki jarak yang lumayan jauh yaitu sekitar 401 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kota Cilegon atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 12 jam 18 min.

Rute Kota Banjar-Kota Cilegon

rute Kota Banjar-Kota Cilegon
rute Kota Banjar-Kota Cilegon

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kota Banjar-Kota Cilegon, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kota Banjar ke Kota Cilegon bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kota Banjar – Kota Cilegon. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kota Banjar, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Perjalanan dari Kota Banjar-Kota Cilegon sejauh 457 km juga bisa menggunakan Rute 1 yaitu melalui Banjar dengan waktu keberangkatan pukul 02.00. Anda bisa menggunakan Turangga menuju Stasiun Bandung. Dari Stasiun Bandung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Argo Parahyangan dan sampai di Stasiun Gambir. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Bandung ke Stasiun Gambir pada pukul 06.10. Dari Balai Kota 1 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Senen – Tanah Abang dan sampai di Explorer Tanah Abang. Anda bisa memulai perjalanan dari Balai Kota 1 ke Explorer Tanah Abang pada pukul 09.11. Dari Stasiun Tanahabang, Anda akan transit menuju Stasiun Rangkasbitung lalu meneruskan perjalanan pada pukul 09.45. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung. Dari Stasiun Rangkasbitung, Anda akan transit menuju Stasiun Cilegon lalu meneruskan perjalanan pada pukul 13.50. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan KA Lokal Merak. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Stasiun Cilegon. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 2

Rute 2 bisa dimulai dari Banjar dengan waktu keberangkatan pada pukul 02.00. Anda bisa menggunakan Turangga untuk bisa sampai di Stasiun Bandung. Dari Stasiun Bandung, Anda akan transit menuju Stasiun Gambir lalu meneruskan perjalanan pada pukul 06.10. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Argo Parahyangan. Dari St. Gondangdia 2 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Tanah Abang – Stasiun Gondangdia dan sampai di Explorer Tanah Abang. Anda bisa memulai perjalanan dari St. Gondangdia 2 ke Explorer Tanah Abang pada pukul 09.26. Dari Stasiun Tanahabang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung dan sampai di Stasiun Rangkasbitung. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Tanahabang ke Stasiun Rangkasbitung pada pukul 10.25. Setelah dari Stasiun Rangkasbitung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan KA Lokal Merak. Dan sampai di Stasiun Cilegon.

Route 3

Anda bisa mencoba rute 3 yang bisa dimulai dari Banjar pada pukul 04.08. Anda bisa menggunakan Mutiara Selatan. Dari Stasiun Bandung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Cikuray dan sampai di Jatinegara. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Bandung ke Jatinegara pada pukul 09.49. Dari Jatinegara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Jatinegara – Manggarai – Cikarang dan sampai di Stasiun Tanahabang. Anda bisa memulai perjalanan dari Jatinegara ke Stasiun Tanahabang pada pukul 13.36. Setelah dari Stasiun Tanahabang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung. Dari Stasiun Rangkasbitung, Anda akan transit menuju Stasiun Cilegon lalu meneruskan perjalanan pada pukul 16.25. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan KA Lokal Merak. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Stasiun Cilegon. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 4

Terakhir, Rute 4 bisa dimulai dari Banjar dengan waktu keberangkatan pada pukul 09.15. Anda bisa menggunakan Serayu untuk bisa sampai di Jatinegara. Dari Jatinegara, Anda akan transit menuju Stasiun Tanahabang lalu meneruskan perjalanan pada pukul 17.51. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Jatinegara – Manggarai – Cikarang. Dari Stasiun Tanahabang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung dan sampai di Stasiun Rangkasbitung. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Tanahabang ke Stasiun Rangkasbitung pada pukul 18.25. Dari Stasiun Rangkasbitung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan KA Lokal Merak dan sampai di Stasiun Cilegon. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Rangkasbitung ke Stasiun Cilegon pada pukul 21.25. Dan berakhir di Stasiun Cilegon dengan waktu kedatangan sekitar pukul 22.59.

Berapa Jam Kota Banjar Kota Cilegon?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kota Banjar ke Kota Cilegon. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 12 jam 18 min saat lalu lintas normal, dan 15 jam 21 min saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kota Banjar ke Kota Cilegon.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kota Banjar-Kota Cilegon maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,