Kota Surakarta dan Kota Tangerang merupakan dua tempat terkenal di Jawa Tengah and Banten. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kota Tangerang dari Kota Surakarta, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung lumayan jauh yaitu sekitar 592 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kota Surakarta dan kota Kota Tangerang terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti bisnis and pemerintahan.

perjalanan dengan rute Kota Surakarta-Kota Tangerang
perjalanan dengan rute Kota Surakarta-Kota Tangerang

Jarak Kota Surakarta-Kota Tangerang

Jarak tempuh Kota Surakarta-Kota Tangerang592 km
Rute Kota Surakarta-Kota TangerangKota Surakarta – Semarang – Kota Tangerang
Provinsi asalJawa Tengah
Provinsi tujuanBanten
Waktu tempuh14 jam 18 menit
Estimasi paling lama17 jam 53 menit

Secara Geografis, kota Kota Tangerang berada di sebelah barat kota Kota Surakarta. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kota Surakarta-Kota Tangerang memiliki jarak yang lumayan jauh yaitu sekitar 592 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kota Tangerang atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 14 jam 18 menit.

Rute Kota Surakarta-Kota Tangerang

rute Kota Surakarta-Kota Tangerang
rute Kota Surakarta-Kota Tangerang

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kota Surakarta-Kota Tangerang, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kota Surakarta ke Kota Tangerang bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kota Surakarta – Kota Tangerang. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kota Surakarta, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Anda bisa mencoba rute 1 yang bisa dimulai dari Stasiun Solojebres pada pukul 00.05. Anda bisa menggunakan Majapahit. Dari Jatinegara, Anda akan transit menuju Duri lalu meneruskan perjalanan pada pukul 08.29. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Jatinegara – Manggarai – Cikarang. Dari Duri, Anda akan transit menuju Stasiun Tanahtinggi lalu meneruskan perjalanan pada pukul 09.12. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Duri – Tangerang. Dari St. Tanah Tinggi 2, Anda akan transit menuju Terminal Poris Plawad lalu meneruskan perjalanan pada pukul 09.53. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Poris Plawad – Gelora Bung Karno. Dan sampai di Terminal Poris Plawad.

Route 2

Rute 2 sepanjang 573 km melalui Stasiun Solojebres ditempuh dengan waktu 10 jam 11 menit. Untuk waktu keberangkatannya sekitar pukul 00.05, memakai Majapahit . Dari Jatinegara, Anda akan transit menuju BNI City (Sudirman Baru) lalu meneruskan perjalanan pada pukul 08.29. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Jatinegara – Manggarai – Cikarang. Setelah dari BNI City (Sudirman Baru) bisa melanjutkan perjalanan menggunakan KA Bandara Soekarno-Hatta. Setelah dari Jln. Supriyadi bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Poris Plawad – Gelora Bung Karno. Dan berakhir di Terminal Poris Plawad dengan waktu kedatangan sekitar pukul 10.16.

Route 3

Perjalanan dari Kota Surakarta-Kota Tangerang juga bisa dilakukan dengan memilih Rute 3 melalui Solo Balapan dengan waktu keberangkatan pukul 08.30. Anda bisa menggunakan Argo Lawu menuju Stasiun Gambir. Waktu tempuh antar stasiun ini yakni 7 jam 0 menit. Setelah dari Gambir 1 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Pulo Gadung – Monas. Dari Pecenongan bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Tanjung Priok – Blok M dan sampai di RS Harapan Kita Arah Selatan. Anda bisa memulai perjalanan dari Pecenongan ke RS Harapan Kita Arah Selatan pada pukul 15.54. Setelah dari RS Harapan Kita Arah Utara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Blok M – Poris Plawad. Dari Jl Teuku Umar, Anda akan transit menuju Tangerang City 2 lalu meneruskan perjalanan pada pukul 17.45. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Perumnas III – Pasar Anyar. Dan sampai di Tangerang City 2.

Route 4

Terakhir, Rute 4 bisa dimulai dari Solo Balapan dengan waktu keberangkatan pada pukul 08.30. Anda bisa menggunakan Argo Lawu untuk bisa sampai di Stasiun Gambir. Setelah dari Balai Kota 1 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Cibubur – Balai Kota. Dari Plaza Sentral bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Tangerang City Mall – ITC Kuningan dan sampai di Tangerang City 2. Anda bisa memulai perjalanan dari Plaza Sentral ke Tangerang City 2 pada pukul 17.23. Dan berakhir di Tangerang City 2 dengan waktu kedatangan sekitar pukul 18.33.

Berapa Jam Kota Surakarta Kota Tangerang?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kota Surakarta ke Kota Tangerang. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 14 jam 18 menit saat lalu lintas normal, dan 17 jam 53 menit saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kota Surakarta ke Kota Tangerang.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kota Surakarta-Kota Tangerang maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,