Kota Semarang dan Kab. Jember merupakan dua daerah terkenal di Jawa Tengah and Jawa Timur. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kab. Jember dari Kota Semarang, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung cukup jauh yaitu sekitar 482 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kota Semarang dan kota Kab. Jember terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti perdagangan and administratif.

rute perjalanan Kota Semarang-Kab. Jember
rute perjalanan Kota Semarang-Kab. Jember

Jarak Kota Semarang-Kab. Jember

Jarak tempuh Kota Semarang-Kab. Jember482 km
Rute Kota Semarang-Kab. JemberKota Semarang – Sragen – Kab. Jember
Provinsi asalJawa Tengah
Provinsi tujuanJawa Timur
Waktu tempuh12 jam 21 menit
Estimasi paling lama15 jam 24 menit

Secara Geografis, kota Kab. Jember berada di sebelah timur kota Kota Semarang. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kota Semarang-Kab. Jember memiliki jarak yang lumayan jauh yaitu sekitar 482 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kab. Jember atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 12 jam 21 menit.

Rute Kota Semarang-Kab. Jember

rute Kota Semarang-Kab. Jember
rute Kota Semarang-Kab. Jember

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kota Semarang-Kab. Jember, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kota Semarang ke Kab. Jember bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kota Semarang – Kab. Jember. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kota Semarang, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Rute 1 melalui Semarang Tawang. Waktu berangkat sekitar pukul 08.41, memilih Ambarawa Ekspres . Setelah dari Bank BRI Semarang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Joyoboyo – Sidorame. Dari Wonokromo, Anda akan transit menuju Stasiun Jember lalu meneruskan perjalanan pada pukul 13.50. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Sri Tanjung. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Stasiun Jember. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 2

Rute ke-2 sepanjang 478 km melalui Semarang Tawang ditempuh dengan waktu 13 jam 34 menit. Waktu berangkat sekitar pukul 03.58 dan bisa menggunakan Harina menuju Surabaya Pasarturi. Setelah dari Stasiun Surabaya Kota bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Sri Tanjung. Dan berakhir di Stasiun Jember dengan waktu kedatangan sekitar pukul 17.32.

Route 3

Perjalanan dari Kota Semarang-Kab. Jember bisa menggunakan Rute ke-3 melalui Semarang Tawang dengan waktu keberangkatan pukul 08.41. Anda bisa menggunakan Ambarawa Ekspres menuju Surabaya Pasarturi. Waktu tempuh antar stasiun ini yakni 4 jam 8 menit. Setelah dari Alun-Alun Contong bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Rajawali – Purabaya. Dari Surabaya Gubeng bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Sri Tanjung dan sampai di Stasiun Jember. Anda bisa memulai perjalanan dari Surabaya Gubeng ke Stasiun Jember pada pukul 13.40. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Stasiun Jember. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 4

Dan untuk rute terakhir, Perjalanan dari Kota Semarang-Kab. Jember juga bisa menggunakan Rute ke-4 dengan melalui Semarang Tawang dengan waktu keberangkatan pukul 08.41. Anda bisa menggunakan Ambarawa Ekspres menuju Surabaya Pasarturi. Jarak antar stasiun ini 279 km ditempuh dengan waktu 4 jam 8 menit. Setelah dari Surabaya Pasarturi bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Komuter. Dari Sidoarjo bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Logawa dan sampai di Stasiun Jember. Anda bisa memulai perjalanan dari Sidoarjo ke Stasiun Jember pada pukul 15.10. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Stasiun Jember. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Berapa Jam Kota Semarang Kab. Jember?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kota Semarang ke Kab. Jember. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 12 jam 21 menit saat lalu lintas normal, dan 15 jam 24 menit saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kota Semarang ke Kab. Jember.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kota Semarang-Kab. Jember maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,