Kota Semarang dan Kota Batu merupakan dua wilayah terkenal di Jawa Tengah and Jawa Timur. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kota Batu dari Kota Semarang, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung lumayan jauh yaitu sekitar 318 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kota Semarang dan kota Kota Batu terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti administrasi and administratif.

perjalanan dengan rute Kota Semarang-Kota Batu
perjalanan dengan rute Kota Semarang-Kota Batu

Jarak Kota Semarang-Kota Batu

Jarak tempuh Kota Semarang-Kota Batu318 km
Rute Kota Semarang-Kota BatuKota Semarang – Grobogan – Kota Batu
Provinsi asalJawa Tengah
Provinsi tujuanJawa Timur
Waktu tempuh8 jam 27 menit
Estimasi paling lama9 jam 38 menit

Secara Geografis, kota Kota Batu berada di sebelah tenggara kota Kota Semarang. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kota Semarang-Kota Batu memiliki jarak yang lumayan jauh yaitu sekitar 318 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kota Batu atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 8 jam 27 menit.

Rute Kota Semarang-Kota Batu

rute Kota Semarang-Kota Batu
rute Kota Semarang-Kota Batu

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kota Semarang-Kota Batu, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kota Semarang ke Kota Batu bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kota Semarang – Kota Batu. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kota Semarang, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Perjalanan dari Kota Semarang-Kota Batu bisa memilih Rute 1 dengan melalui Semarang Tawang dengan waktu keberangkatan pukul 03.58. Anda bisa menggunakan Harina menuju Surabaya Pasarturi. Waktu tempuh antar stasiun ini yakni 4 jam 7 min. Setelah dari Surabaya Pasarturi bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Komuter. Dari Wonokromo bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Penataran Dhoho dan sampai di Stasiun Malang. Anda bisa memulai perjalanan dari Wonokromo ke Stasiun Malang pada pukul 11.31. Dari Halte Sriwijaya Kertanegara, Anda akan transit menuju Terminal Landungsari lalu meneruskan perjalanan pada pukul 14.47. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Arjosari – Landungsari. Dari Terminal Landungsari bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Batu – Landungsari dan sampai di Terminal Batu. Anda bisa memulai perjalanan dari Terminal Landungsari ke Terminal Batu pada pukul 15.36. Dan sampai di Terminal Batu.

Route 2

Anda bisa mencoba rute 2 yang bisa dimulai dari Semarang Tawang pada pukul 03.58. Anda bisa menggunakan Harina. Dari Bank BRI Semarang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Joyoboyo – Sidorame dan sampai di Joyoboyo 2. Anda bisa memulai perjalanan dari Bank BRI Semarang ke Joyoboyo 2 pada pukul 08.22. Dari Wonokromo bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Penataran Dhoho dan sampai di Stasiun Malang. Anda bisa memulai perjalanan dari Wonokromo ke Stasiun Malang pada pukul 11.31. Setelah dari Halte Sriwijaya Kertanegara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Arjosari – Landungsari. Setelah dari Terminal Landungsari bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Batu – Landungsari. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Terminal Batu. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 3

Rute ke-3 melalui Semarang Tawang. Waktu berangkat sekitar pukul 03.58 dan bisa memakai Harina menuju Surabaya Pasarturi. Dari Surabaya Pasarturi, Anda akan transit menuju Wonokromo lalu meneruskan perjalanan pada pukul 08.15. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Komuter. Setelah dari Wonokromo bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Penataran Dhoho. Setelah dari Stasiun Kota Lama bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Landungsari – Hamid Rusdi Via Idjen Boulevard. Setelah dari Terminal Landungsari bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Batu – Landungsari. Dan berakhir di Terminal Batu dengan waktu kedatangan sekitar pukul 16.16.

Route 4

Terakhir, Anda bisa mencoba rute 4 yang bisa dimulai dari Semarang Tawang pada pukul 21.32. Anda bisa menggunakan Brawijaya. Dari Halte Sriwijaya Kertanegara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Arjosari – Landungsari dan sampai di Terminal Landungsari. Anda bisa memulai perjalanan dari Halte Sriwijaya Kertanegara ke Terminal Landungsari pada pukul 05.24. Dari Terminal Landungsari bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Batu – Landungsari dan sampai di Terminal Batu. Anda bisa memulai perjalanan dari Terminal Landungsari ke Terminal Batu pada pukul 06.12. Dan berakhir di Terminal Batu dengan waktu kedatangan sekitar pukul 06.31.

Berapa Jam Kota Semarang Kota Batu?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kota Semarang ke Kota Batu. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 8 jam 27 menit saat lalu lintas normal, dan 9 jam 38 menit saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kota Semarang ke Kota Batu.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kota Semarang-Kota Batu maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,