Kota Semarang dan Kota Tangerang merupakan dua besar di Jawa Tengah and Banten. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kota Tangerang dari Kota Semarang, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung lumayan jauh yaitu sekitar 500 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kota Semarang dan kota Kota Tangerang terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti perdagangan and administratif.

rute perjalanan Kota Semarang-Kota Tangerang
rute perjalanan Kota Semarang-Kota Tangerang

Jarak Kota Semarang-Kota Tangerang

Jarak tempuh Kota Semarang-Kota Tangerang500 km
Rute Kota Semarang-Kota TangerangKota Semarang – Kendal – Kota Tangerang
Provinsi asalJawa Tengah
Provinsi tujuanBanten
Waktu tempuh11 jam 53 min
Estimasi paling lama15 jam 51 min

Secara Geografis, kota Kota Tangerang berada di sebelah barat kota Kota Semarang. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kota Semarang-Kota Tangerang memiliki jarak yang cukup jauh yaitu sekitar 500 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kota Tangerang atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 11 jam 53 min.

Rute Kota Semarang-Kota Tangerang

rute Kota Semarang-Kota Tangerang
rute Kota Semarang-Kota Tangerang

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kota Semarang-Kota Tangerang, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kota Semarang ke Kota Tangerang bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kota Semarang – Kota Tangerang. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kota Semarang, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Anda bisa mencoba rute 1 yang bisa dimulai dari Semarang Tawang pada pukul 07.00. Anda bisa menggunakan Argo Sindoro. Dari Jatinegara, Anda akan transit menuju Duri lalu meneruskan perjalanan pada pukul 12.04. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Jatinegara – Manggarai – Cikarang. Dari Duri bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Duri – Tangerang dan sampai di Stasiun Tanahtinggi. Anda bisa memulai perjalanan dari Duri ke Stasiun Tanahtinggi pada pukul 12.48. Dari St. Tanah Tinggi 2 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Poris Plawad – Gelora Bung Karno dan sampai di Terminal Poris Plawad. Anda bisa memulai perjalanan dari St. Tanah Tinggi 2 ke Terminal Poris Plawad pada pukul 13.38. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Terminal Poris Plawad. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 2

Perjalanan dari Kota Semarang-Kota Tangerang sejauh 465 km menggunakan Rute ke-2 melalui Semarang Tawang dengan waktu keberangkatan pukul 07.00. Anda bisa menggunakan Argo Sindoro menuju Jatinegara. Setelah dari Jatinegara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Jatinegara – Manggarai – Cikarang. Dari BNI City (Sudirman Baru), Anda akan transit menuju Batu Ceper lalu meneruskan perjalanan pada pukul 12.38. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan KA Bandara Soekarno-Hatta. Dari Terminal Poris Plawad 2, Anda akan transit menuju Pengayoman lalu meneruskan perjalanan pada pukul 13.25. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Terminal Poris Plawad – Bitung. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Pengayoman. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 3

Perjalanan dari Kota Semarang-Kota Tangerang bisa dilakukan dengan memilih Rute ke-3 yaitu melalui Semarang Poncol dengan waktu keberangkatan pukul 07.26. Anda bisa menggunakan Ciremai menuju Cirebon. Waktu tempuh antar stasiun ini yakni 3 jam 21 min. Dari Cirebon, Anda akan transit menuju Jatinegara lalu meneruskan perjalanan pada pukul 11.22. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Sawunggalih. Dari Jatinegara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Jatinegara – Manggarai – Cikarang dan sampai di Duri. Anda bisa memulai perjalanan dari Jatinegara ke Duri pada pukul 14.28. Setelah dari Duri bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Duri – Tangerang. Dari St. Tanah Tinggi 2, Anda akan transit menuju Terminal Poris Plawad lalu meneruskan perjalanan pada pukul 16.03. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Poris Plawad – Gelora Bung Karno. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Terminal Poris Plawad. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 4

Terakhir, Anda bisa mencoba rute 4 yang bisa dimulai dari Semarang Tawang pada pukul 08.00. Anda bisa menggunakan Menoreh. Setelah dari Simpang Pasar Pagi bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Cengkareng – Kota. Dari Jembatan Baru 2 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Cikokol – Cengkareng dan sampai di Kawasan Pendidikan Cikokol. Anda bisa memulai perjalanan dari Jembatan Baru 2 ke Kawasan Pendidikan Cikokol pada pukul 16.21. Dari TangCity Mall Sisi Belakang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Cikokol – Cengkareng dan sampai di Tangerang City 2. Anda bisa memulai perjalanan dari TangCity Mall Sisi Belakang ke Tangerang City 2 pada pukul 17.04. Dan berakhir di Tangerang City 2 dengan waktu kedatangan sekitar pukul 17.05.

Berapa Jam Kota Semarang Kota Tangerang?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kota Semarang ke Kota Tangerang. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 11 jam 53 min saat lalu lintas normal, dan 15 jam 51 min saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kota Semarang ke Kota Tangerang.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kota Semarang-Kota Tangerang maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,