Kota Pekalongan dan Kota Pasuruan merupakan dua daerah terkenal di Jawa Tengah and Jawa Timur. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kota Pasuruan dari Kota Pekalongan, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung cukup jauh yaitu sekitar 444 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kota Pekalongan dan kota Kota Pasuruan terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti administrasi and administratif.

rute perjalanan Kota Pekalongan-Kota Pasuruan
rute perjalanan Kota Pekalongan-Kota Pasuruan

Jarak Kota Pekalongan-Kota Pasuruan

Jarak tempuh Kota Pekalongan-Kota Pasuruan444 km
Rute Kota Pekalongan-Kota PasuruanKota Pekalongan – Kendal – Kota Pasuruan
Provinsi asalJawa Tengah
Provinsi tujuanJawa Timur
Waktu tempuh11 jam 16 min
Estimasi paling lama14 jam 39 min

Secara Geografis, kota Kota Pasuruan berada di sebelah timur kota Kota Pekalongan. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kota Pekalongan-Kota Pasuruan memiliki jarak yang lumayan jauh yaitu sekitar 444 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kota Pasuruan atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 11 jam 16 min.

Rute Kota Pekalongan-Kota Pasuruan

rute Kota Pekalongan-Kota Pasuruan
rute Kota Pekalongan-Kota Pasuruan

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kota Pekalongan-Kota Pasuruan, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kota Pekalongan ke Kota Pasuruan bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kota Pekalongan – Kota Pasuruan. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kota Pekalongan, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Rute 1 memiliki jarak tempuh 9 jam 1 min melalui Pekalongan. Mulai berangkat sekitar pukul 06.00, memakai Kaligung . Dari Semarang Poncol, Anda akan transit menuju Surabaya Pasarturi lalu meneruskan perjalanan pada pukul 08.30. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Ambarawa Ekspres. Dari Bank BRI Semarang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Joyoboyo – Sidorame dan sampai di Joyoboyo 2. Anda bisa memulai perjalanan dari Bank BRI Semarang ke Joyoboyo 2 pada pukul 13.06. Setelah dari Wonokromo bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Sri Tanjung. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Stasiun Pasuruan. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 2

Rute 2 sepanjang 432 km melalui Pekalongan ditempuh dengan waktu 9 jam 1 min. Waktu berangkat sekitar pukul 06.00 dan bisa menggunakan Kaligung . Setelah dari Semarang Poncol bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Ambarawa Ekspres. Setelah dari Alun-Alun Contong bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Rajawali – Purabaya. Setelah dari Surabaya Gubeng bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Sri Tanjung. Dan sampai di Stasiun Pasuruan.

Route 3

Perjalanan dari Kota Pekalongan-Kota Pasuruan bisa dilakukan dengan memilih Rute 3 dengan melalui Pekalongan mulai berangkat pukul 06.00. Anda bisa menggunakan Kaligung menuju Semarang Poncol. Dari Semarang Poncol, Anda akan transit menuju Surabaya Pasarturi lalu meneruskan perjalanan pada pukul 08.30. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Ambarawa Ekspres. Dari Surabaya Pasarturi, Anda akan transit menuju Sidoarjo lalu meneruskan perjalanan pada pukul 13.30. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Komuter. Dari Sidoarjo bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Logawa dan sampai di Stasiun Pasuruan. Anda bisa memulai perjalanan dari Sidoarjo ke Stasiun Pasuruan pada pukul 15.10. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Stasiun Pasuruan. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 4

Terakhir, Perjalanan dari Kota Pekalongan-Kota Pasuruan menggunakan Rute 4 yaitu melalui Pekalongan dengan waktu keberangkatan pukul 12.07. Anda bisa menggunakan Argo Bromo Anggrek menuju Surabaya Pasarturi. Jarak antar stasiun ini 368 km ditempuh dengan waktu 4 jam 18 min. Dari Stasiun Surabaya Kota bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Lokal Pasuruan dan sampai di Stasiun Pasuruan. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Surabaya Kota ke Stasiun Pasuruan pada pukul 18.40. Dan berakhir di Stasiun Pasuruan dengan waktu kedatangan sekitar pukul 20.53.

Berapa Jam Kota Pekalongan Kota Pasuruan?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kota Pekalongan ke Kota Pasuruan. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 11 jam 16 min saat lalu lintas normal, dan 14 jam 39 min saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kota Pekalongan ke Kota Pasuruan.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kota Pekalongan-Kota Pasuruan maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,