Kota Tegal dan Kota Yogyakarta merupakan dua wilayah besar di Jawa Tengah and D.I. Yogyakarta. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kota Yogyakarta dari Kota Tegal, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung tidak terlalu jauh yaitu sekitar 241 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kota Tegal dan kota Kota Yogyakarta terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti perdagangan and administratif.

perjalanan dengan rute Kota Tegal-Kota Yogyakarta
perjalanan dengan rute Kota Tegal-Kota Yogyakarta

Jarak Kota Tegal-Kota Yogyakarta

Jarak tempuh Kota Tegal-Kota Yogyakarta241 km
Rute Kota Tegal-Kota YogyakartaKota Tegal – Pekalongan – Kota Yogyakarta
Provinsi asalJawa Tengah
Provinsi tujuanD.I. Yogyakarta
Waktu tempuh6 jam 20 menit
Estimasi paling lama8 jam 39 menit

Secara Geografis, kota Kota Yogyakarta berada di sebelah tenggara kota Kota Tegal. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kota Tegal-Kota Yogyakarta memiliki jarak yang agak jauh yaitu sekitar 241 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kota Yogyakarta atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 6 jam 20 menit.

Rute Kota Tegal-Kota Yogyakarta

rute Kota Tegal-Kota Yogyakarta
rute Kota Tegal-Kota Yogyakarta

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kota Tegal-Kota Yogyakarta, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kota Tegal ke Kota Yogyakarta bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kota Tegal – Kota Yogyakarta. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kota Tegal, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Perjalanan dari Kota Tegal-Kota Yogyakarta bisa memilih Rute 1 yaitu melalui Stasiun Tegal mulai berangkat pukul 09.40. Anda bisa menggunakan Ciremai menuju Cirebon. Setelah dari Cirebon bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Argo Dwipangga. Dan berakhir di Yogyakarta dengan waktu kedatangan sekitar pukul 15.01.

Route 2

Rute 2 bisa dimulai dari Stasiun Tegal dengan waktu keberangkatan pada pukul 07.21. Anda bisa menggunakan Kaligung untuk bisa sampai di Cirebon Prujakan. Dari Cirebon Prujakan bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Bengawan dan sampai di Lempuyangan. Anda bisa memulai perjalanan dari Cirebon Prujakan ke Lempuyangan pada pukul 09.55. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Lempuyangan. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 3

Rute 3 melalui Stasiun Tegal. Waktu berangkat sekitar pukul 07.21, menggunakan Kaligung . Dari Cirebon, Anda akan transit menuju Yogyakarta lalu meneruskan perjalanan pada pukul 11.21. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Argo Dwipangga. Dan sampai di Yogyakarta.

Route 4

Pada rute terakhir ini, Rute ke-4 memiliki jarak tempuh 5 jam 19 menit melalui Stasiun Tegal. Waktu berangkat sekitar pukul 11.22, memilih Joglosemarkerto . Dari Prupuk, Anda akan transit menuju Yogyakarta lalu meneruskan perjalanan pada pukul 12.39. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Joglosemarkerto. Dan sampai di Yogyakarta.

Berapa Jam Kota Tegal Kota Yogyakarta?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kota Tegal ke Kota Yogyakarta. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 6 jam 20 menit saat lalu lintas normal, dan 8 jam 39 menit saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kota Tegal ke Kota Yogyakarta.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kota Tegal-Kota Yogyakarta maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,