Kota Tegal dan Kota Tangerang Selatan merupakan dua besar di Jawa Tengah and Banten. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kota Tangerang Selatan dari Kota Tegal, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung cukup jauh yaitu sekitar 330 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kota Tegal dan kota Kota Tangerang Selatan terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti bisnis and administratif.

rute perjalanan Kota Tegal-Kota Tangerang Selatan
rute perjalanan Kota Tegal-Kota Tangerang Selatan

Jarak Kota Tegal-Kota Tangerang Selatan

Jarak tempuh Kota Tegal-Kota Tangerang Selatan330 km
Rute Kota Tegal-Kota Tangerang SelatanKota Tegal – Cirebon – Kota Tangerang Selatan
Provinsi asalJawa Tengah
Provinsi tujuanBanten
Waktu tempuh7 jam 56 min
Estimasi paling lama11 jam 7 min

Secara Geografis, kota Kota Tangerang Selatan berada di sebelah barat kota Kota Tegal. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kota Tegal-Kota Tangerang Selatan memiliki jarak yang lumayan jauh yaitu sekitar 330 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kota Tangerang Selatan atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 7 jam 56 min.

Rute Kota Tegal-Kota Tangerang Selatan

rute Kota Tegal-Kota Tangerang Selatan
rute Kota Tegal-Kota Tangerang Selatan

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kota Tegal-Kota Tangerang Selatan, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kota Tegal ke Kota Tangerang Selatan bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kota Tegal – Kota Tangerang Selatan. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kota Tegal, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Perjalanan dari Kota Tegal-Kota Tangerang Selatan sejauh 315 km bisa dilakukan dengan memilih Rute ke-1 melewati Stasiun Tegal mulai berangkat pukul 08.45. Anda bisa menggunakan Argo Sindoro menuju Jatinegara. Jarak antar stasiun ini 283 km ditempuh dengan waktu 3 jam 10 min. Setelah dari Jatinegara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Jatinegara – Manggarai – Cikarang. Dari Stasiun Tanahabang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung dan sampai di Serpong. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Tanahabang ke Serpong pada pukul 12.45. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Serpong. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 2

Rute 2 sepanjang 317 km melalui Stasiun Tegal ditempuh dengan waktu 4 jam 57 min. Mulai berangkat sekitar pukul 08.45, memilih Argo Sindoro . Dari Balai Kota 1, Anda akan transit menuju Explorer Tanah Abang lalu meneruskan perjalanan pada pukul 12.41. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Senen – Tanah Abang. Setelah dari Stasiun Tanahabang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung. Dan sampai di Serpong.

Route 3

Perjalanan dari Kota Tegal-Kota Tangerang Selatan dilakukan dengan memilih Rute 3 melalui Stasiun Tegal mulai berangkat pukul 08.45. Anda bisa menggunakan Argo Sindoro menuju Jatinegara. Waktu tempuh antar stasiun ini yakni 3 jam 10 min. Dari St Ka Jatinegara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Jatinegara – Gandaria Raya Bogor dan sampai di Pasar Induk Kramat Jati 1. Anda bisa memulai perjalanan dari St Ka Jatinegara ke Pasar Induk Kramat Jati 1 pada pukul 12.06. Dari Ps. Induk Kramat Jati, Anda akan transit menuju Flyover Raya Bogor lalu meneruskan perjalanan pada pukul 12.41. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Kampung Rambutan – Bidara Cina. Dari Flyover Raya Bogor bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Ciputat – Kampung Rambutan dan sampai di Pasar Ciputat. Anda bisa memulai perjalanan dari Flyover Raya Bogor ke Pasar Ciputat pada pukul 13.08. Dari Pasar Ciputat bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Ciputat – Parung dan sampai di Indomaret Jl R E Martadinata. Anda bisa memulai perjalanan dari Pasar Ciputat ke Indomaret Jl R E Martadinata pada pukul 14.31. Dan sampai di Indomaret Jl R E Martadinata.

Route 4

Pada rute terakhir ini, Anda bisa mencoba rute 4 yang bisa dimulai dari Stasiun Tegal pada pukul 08.45. Anda bisa menggunakan Argo Sindoro. Setelah dari Balai Kota 1 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Senen – Blok M. Dari Jln. Palatehan bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Joglo – Blok M dan sampai di Ps. Inpres Kebayoran. Anda bisa memulai perjalanan dari Jln. Palatehan ke Ps. Inpres Kebayoran pada pukul 13.43. Setelah dari Kebayoran bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Serpong. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Berapa Jam Kota Tegal Kota Tangerang Selatan?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kota Tegal ke Kota Tangerang Selatan. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 7 jam 56 min saat lalu lintas normal, dan 11 jam 7 min saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kota Tegal ke Kota Tangerang Selatan.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kota Tegal-Kota Tangerang Selatan maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,