Kota Yogyakarta dan Kota Cilegon merupakan dua besar di D.I. Yogyakarta and Banten. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kota Cilegon dari Kota Yogyakarta, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung lumayan jauh yaitu sekitar 662 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kota Yogyakarta dan kota Kota Cilegon terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti administrasi and administratif.

perjalanan dengan rute Kota Yogyakarta-Kota Cilegon
perjalanan dengan rute Kota Yogyakarta-Kota Cilegon

Jarak Kota Yogyakarta-Kota Cilegon

Jarak tempuh Kota Yogyakarta-Kota Cilegon662 km
Rute Kota Yogyakarta-Kota CilegonKota Yogyakarta – Kebumen – Kota Cilegon
Provinsi asalD.I. Yogyakarta
Provinsi tujuanBanten
Waktu tempuh16 jam 9 menit
Estimasi paling lama21 jam 4 menit

Secara Geografis, kota Kota Cilegon berada di sebelah barat kota Kota Yogyakarta. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kota Yogyakarta-Kota Cilegon memiliki jarak yang cukup jauh yaitu sekitar 662 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kota Cilegon atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 16 jam 9 menit.

Rute Kota Yogyakarta-Kota Cilegon

rute Kota Yogyakarta-Kota Cilegon
rute Kota Yogyakarta-Kota Cilegon

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kota Yogyakarta-Kota Cilegon, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kota Yogyakarta ke Kota Cilegon bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kota Yogyakarta – Kota Cilegon. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kota Yogyakarta, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Anda bisa mencoba rute 1 yang bisa dimulai dari Yogyakarta pada pukul 08.50. Anda bisa menggunakan Taksaka. Setelah dari Jatinegara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Jatinegara – Manggarai – Cikarang. Dari Stasiun Tanahabang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung dan sampai di Stasiun Rangkasbitung. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Tanahabang ke Stasiun Rangkasbitung pada pukul 15.30. Setelah dari Stasiun Rangkasbitung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan KA Lokal Merak. Dan sampai di Stasiun Cilegon.

Route 2

Rute 2 memiliki jarak tempuh 11 jam 12 menit melalui Yogyakarta. Waktu berangkat sekitar pukul 09.18 dan bisa menggunakan Argo Lawu kearah Gambir. Dari Balai Kota 1 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Senen – Tanah Abang dan sampai di Explorer Tanah Abang. Anda bisa memulai perjalanan dari Balai Kota 1 ke Explorer Tanah Abang pada pukul 16.01. Setelah dari Stasiun Tanahabang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung. Setelah dari Stasiun Rangkasbitung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan KA Lokal Merak. Dan sampai di Stasiun Cilegon.

Route 3

Rute 3 bisa dimulai dari Yogyakarta dengan waktu keberangkatan pada pukul 09.18. Anda bisa menggunakan Argo Lawu untuk bisa sampai di Stasiun Gambir. Setelah dari St. Gondangdia 2 bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Tanah Abang – Stasiun Gondangdia. Setelah dari Stasiun Tanahabang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung. Setelah dari Stasiun Rangkasbitung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan KA Lokal Merak. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Stasiun Cilegon. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 4

Terakhir, Perjalanan dari Kota Yogyakarta-Kota Cilegon bisa menggunakan Rute 4 melalui Yogyakarta dengan waktu keberangkatan pukul 07.00. Anda bisa menggunakan Fajar Utama YK menuju Bekasi. Dari Jl. Perjuangan Utara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Terminal Bekasi – Perum Taman Galaxy dan sampai di Terminal Bekasi. Anda bisa memulai perjalanan dari Jl. Perjuangan Utara ke Terminal Bekasi pada pukul 14.30. Dari Terminal Bekasi Kota bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Balaraja – Bekasi dan sampai di Pos Kepolisian Bitung Timur. Anda bisa memulai perjalanan dari Terminal Bekasi Kota ke Pos Kepolisian Bitung Timur pada pukul 15.06. Dari Pos Kepolisian Bitung Timur bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Parung Panjang – Bitung dan sampai di Pasar Parung Panjang. Anda bisa memulai perjalanan dari Pos Kepolisian Bitung Timur ke Pasar Parung Panjang pada pukul 16.43. Setelah dari Parung Panjang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung. Setelah dari Stasiun Rangkasbitung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan KA Lokal Merak. Dan berakhir di Stasiun Cilegon dengan waktu kedatangan sekitar pukul 20.23.

Berapa Jam Kota Yogyakarta Kota Cilegon?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kota Yogyakarta ke Kota Cilegon. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 16 jam 9 menit saat lalu lintas normal, dan 21 jam 4 menit saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kota Yogyakarta ke Kota Cilegon.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kota Yogyakarta-Kota Cilegon maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,