Kota Yogyakarta dan Kota Metro merupakan dua tempat besar di D.I. Yogyakarta and Lampung. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kota Metro dari Kota Yogyakarta, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung lumayan jauh yaitu sekitar 832 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Kota Yogyakarta dan kota Kota Metro terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti administrasi and administratif.

perjalanan dengan rute Kota Yogyakarta-Kota Metro
perjalanan dengan rute Kota Yogyakarta-Kota Metro

Jarak Kota Yogyakarta-Kota Metro

Jarak tempuh Kota Yogyakarta-Kota Metro832 km
Rute Kota Yogyakarta-Kota MetroKota Yogyakarta – Banyumas – Kota Metro
Provinsi asalD.I. Yogyakarta
Provinsi tujuanLampung
Waktu tempuh20 jam 53 min
Estimasi paling lama1 hari 2 jam

Secara Geografis, kota Kota Metro berada di sebelah barat laut kota Kota Yogyakarta. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kota Yogyakarta-Kota Metro memiliki jarak yang cukup jauh yaitu sekitar 832 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kota Metro atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 20 jam 53 min.

Rute Kota Yogyakarta-Kota Metro

rute Kota Yogyakarta-Kota Metro
rute Kota Yogyakarta-Kota Metro

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Kota Yogyakarta-Kota Metro, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Kota Yogyakarta ke Kota Metro bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Kota Yogyakarta – Kota Metro. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Kota Yogyakarta, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Rute 1 bisa dimulai dari Yogyakarta dengan waktu keberangkatan pada pukul 23.13. Anda bisa menggunakan Bima untuk bisa sampai di Jatinegara. Dari Pasar Jatinegara, Anda akan transit menuju Kampung Rambutan lalu meneruskan perjalanan pada pukul 05.58. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Kampung Rambutan – Bidara Cina. Setelah dari Terminal Kampung Rambutan bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Npm. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Jalan Alamsyah Ratu Prawiraneg. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 2

Anda bisa mencoba rute 2 yang bisa dimulai dari Yogyakarta pada pukul 23.13. Anda bisa menggunakan Bima. Dari Gambir 1, Anda akan transit menuju Monas lalu meneruskan perjalanan pada pukul 06.07. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Pulo Gadung – Monas. Setelah dari Monas bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Kalideres – Monas via Veteran. Setelah dari Kalideres bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Npm. Dan berakhir di Jalan Alamsyah Ratu Prawiraneg dengan waktu kedatangan sekitar pukul 18.27.

Route 3

Rute ke-3 sepanjang 769 km melalui Yogyakarta ditempuh dengan waktu 19 jam 38 min. Waktu berangkat sekitar pukul 23.13, memakai Bima menuju Gambir. Dari Jatinegara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Jatinegara – Manggarai – Cikarang dan sampai di Duri. Anda bisa memulai perjalanan dari Jatinegara ke Duri pada pukul 05.55. Dari Duri, Anda akan transit menuju Batu Ceper lalu meneruskan perjalanan pada pukul 06.42. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Duri – Tangerang. Setelah dari Terminal Poris Plawad bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Npm. Dan berhenti di stasiun terakhir yakni Jalan Alamsyah Ratu Prawiraneg. Jika Anda memilih melakukan perjalanan dengan menggunakan rute ini, maka perlu mempersiapkan uang untuk membeli tiket kereta yaitu sekitar .

Route 4

Pada rute terakhir ini, Rute 4 bisa dimulai dari Yogyakarta dengan waktu keberangkatan pada pukul 23.13. Anda bisa menggunakan Bima untuk bisa sampai di Jatinegara. Setelah dari Jatinegara bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Jatinegara – Manggarai – Cikarang. Dari BNI City (Sudirman Baru) bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan KA Bandara Soekarno-Hatta Premium dan sampai di Batu Ceper. Anda bisa memulai perjalanan dari BNI City (Sudirman Baru) ke Batu Ceper pada pukul 06.38. Dari Terminal Poris Plawad bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan Npm dan sampai di Jalan Alamsyah Ratu Prawiraneg. Anda bisa memulai perjalanan dari Terminal Poris Plawad ke Jalan Alamsyah Ratu Prawiraneg pada pukul 11.00. Dan sampai di Jalan Alamsyah Ratu Prawiraneg.

Berapa Jam Kota Yogyakarta Kota Metro?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Kota Yogyakarta ke Kota Metro. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 20 jam 53 min saat lalu lintas normal, dan 1 hari 2 jam saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Kota Yogyakarta ke Kota Metro.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Kota Yogyakarta-Kota Metro maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,