Jakarta dan Kota Cilegon merupakan dua daerah besar di Jakarta and Banten. Jika kamu ingin bepergian ke wilayah Kota Cilegon dari Jakarta, maka artikel ini tepat untuk kamu. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa jarak antara dua ini terhitung tidak terlalu jauh yaitu sekitar 112 km.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, mobilitas di Jakarta dan kota Kota Cilegon terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua ini dengan berbagai kepentingan seperti administrasi and administratif.

perjalanan dengan rute Jakarta-Kota Cilegon
perjalanan dengan rute Jakarta-Kota Cilegon

Jarak Jakarta-Kota Cilegon

Jarak tempuh Jakarta-Kota Cilegon112 km
Provinsi asalJakarta
Provinsi tujuanBanten
Waktu tempuh3 jam 30 menit
Estimasi paling lama5 jam 3 menit

Secara Geografis, kota Kota Cilegon berada di sebelah barat kota Jakarta. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Jakarta-Kota Cilegon memiliki jarak yang tidak terlalu jauh yaitu sekitar 112 km. Dimana untuk dapat sampai ke kota Kota Cilegon atau sebaliknya Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu hingga 3 jam 30 menit.

Rute Jakarta-Kota Cilegon

rute Jakarta-Kota Cilegon
rute Jakarta-Kota Cilegon

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Jakarta-Kota Cilegon, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua tersebut. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Kota Cilegon bisa memanfaatkan beberapa mode transportasi seperti travel, mobil pribadi hingga bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Jakarta – Kota Cilegon. Untuk menaiki bus antar kota, penumpang akan dikenakan biaya yang relatif terjangkau.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan mode transportasi lain yaitu kereta api. Bukan hanya karena nyaman, waktu keberangkatan kereta api juga dijamin on time dan tidak ada drama delay. Anda juga bisa memilih jenis kereta api baik kelas eksekutif, ekonomi maupun bisnis.

Untuk Anda yang berangkat menggunakan kereta api dari Jakarta, maka bisa memulai perjalanan dari four rute berbeda. Berikut penjelasannya:

Route 1

Perjalanan dari Jakarta-Kota Cilegon sejauh 128 km menggunakan Rute ke-1 yaitu melalui Stasiun Tanahabang mulai berangkat pukul 19.15. Anda bisa menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung menuju Stasiun Rangkasbitung. Jarak antar stasiun ini 73,0 km ditempuh dengan waktu 1 jam 52 min. Dari Stasiun Rangkasbitung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan KA Lokal Merak dan sampai di Stasiun Cilegon. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Rangkasbitung ke Stasiun Cilegon pada pukul 21.25. Dan sampai di Stasiun Cilegon.

Route 2

Perjalanan dari Jakarta-Kota Cilegon sejauh 128 km memilih Rute 2 melalui Stasiun Tanahabang dengan waktu keberangkatan pukul 23.40. Anda bisa menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung menuju Parung Panjang. Waktu tempuh antar stasiun ini yakni 52 min. Setelah dari Parung Panjang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung. Dari Stasiun Rangkasbitung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan KA Lokal Merak dan sampai di Stasiun Cilegon. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Rangkasbitung ke Stasiun Cilegon pada pukul 04.55. Dan sampai di Stasiun Cilegon.

Route 3

Anda bisa mencoba rute 3 yang bisa dimulai dari Poins Square, Lebak Bulus pada pukul 21.12. Anda bisa menggunakan Kebayoran Lama – Pondok Labu. Dari Kebayoran, Anda akan transit menuju Stasiun Rangkasbitung lalu meneruskan perjalanan pada pukul 22.08. Untuk perjalanan selanjutnya ini Anda akan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung. Dari Stasiun Rangkasbitung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan KA Lokal Merak dan sampai di Stasiun Cilegon. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Rangkasbitung ke Stasiun Cilegon pada pukul 04.55. Dan sampai di Stasiun Cilegon.

Route 4

Terakhir, Rute 4 bisa dimulai dari Kampung Rambutan dengan waktu keberangkatan pada pukul 21.08. Anda bisa menggunakan Cikarang – Poris Plawad untuk bisa sampai di Seberang Versailles. Setelah dari Rawa Buntu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Tanah Abang – Rangkasbitung. Dari Stasiun Rangkasbitung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan menggunakan KA Lokal Merak dan sampai di Stasiun Cilegon. Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Rangkasbitung ke Stasiun Cilegon pada pukul 04.55. Dan sampai di Stasiun Cilegon.

Berapa Jam Jakarta Kota Cilegon?


Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Jakarta ke Kota Cilegon. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua ini mencapai 3 jam 30 menit saat lalu lintas normal, dan 5 jam 3 menit saat terjadi kemacetan di beberapa titik sepanjang perjalanan Jakarta ke Kota Cilegon.

Demikian ulasan Navi.id terkait jarak tempuh dari Jakarta-Kota Cilegon maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Categorized in:

Indonesia,