Arti serta Perbedaan WhatsApp Clone dan Unclone

A

Whatsapp menjadi aplikasi chat terpopuler di seluruh penjuru dunia, saking populernya banyak pembaharuan resmi dan modifikasi oleh tangan jahil. Bahkan saat ini ada aplikasi whatsapp clone dan unclone. Mau tahu perbedaan whatsapp clone dan unclone di wa mod?

Seakan memiliki daya tarik tersendiri, banyak developer pihak ketiga yang berlomba-lomba membuat applikasi WA dari pihak ketiga. Bahkan banyak yang memodifikasi whatsapp agar fitur yang digunakannya bisa sesuai keinginan si pembuatnya.

Melihat fakta seperti ini, Facebook atau Meta sebagai pihak resminya tentu geram dengan kehadiran versi ilegal tersebut. Kehadiran aplikasi whatsapp versi ilegal jelas merugikan pihak facebook yang memiliki hak paten secara resmi.

Mengenal Whatsapp Mod dan Whatsapp Clone

Sebelum mengenal lebih jauh perbedaan whatsapp clone dan unclone di wa mod, ada baiknya Anda juga mengetahui apa itu whatsapp mod dan whatsapp clone. Whatsapp Mod sendiri merupakan aplikasi WA versi modifikasi dari whatsapp resminya.

Mod berarti modifikasi, beberapa fitur ditambahkan ke dalamnya dengan cara kerja lebih baik dari aplikasi resminya. Bahkan beberapa orang mengklaim bahwa aplikasi wa versi mod itu memiliki fitur yang lebih lengkap daripada versi originalnya.

Diantaranya ada fitur ganti tema, download status hingga update status video lebih dari 7 menit. Di mana hal ini tentu saja tidak akan Anda temukan pada aplikasi wa versi resmi yang selama ini Anda pakai.

Lalu bagaimana dengan whatsapp clone?

Bisa dibilang whatsapp clone ini aplikasi yang dimodifikasi agar bisa digandakan, clone yang berarti duplikasi. Pengguna whatsapp clone bisa menggunakan aplikasi wa pada beberapa perangkat tanpa perlu menguninstall aplikasi resmi pada Android-nya itu.

Whatsapp clone banyak digunakan oleh pasangan kekasih, suami istri atau siapa saja untuk mengetahui aktivitas chat-nya. Selain itu, whatsapp clone bisa digunakan untuk keperluan bisnis dimana Anda membutuhkan wa cloning agar aktivitas wa bisnis dan pribadi tetap lancar.

Dengan adanya kloning ini, Anda bisa memiliki dua akun dalam satu ponsel. Akhirnya tidak perlu repot-repot lagi menggunakan dua ponsel dan membuat dua akun wa berbeda.

Perbedaan Whatsapp Clone Dan Unclone Di Wa Mod

Beberapa ponsel ada yang sudah dilengkapi dengan aplikasi kloning seperti ponsel Xiaomi, Oppo hingga Samsung. Biasanya untuk mengaktifkan wa clone app harus masuk ke dalam menu pengaturan dengan menekan opsi dual app.

#1 WhatsApp Versi Resmi

Versi resmi ya berarti aplikasi Whatsapp yang asalnya dari pihak developer milik Facebook sebagai pemilik yang sah. Anda bisa dapatkan file apk-nya langsung dari google play store yang secara langsung dipublish oleh pihak facebook sendiri.

#2 Aplikasi WhatsApp Versi Clone

Sebagaimana ulasan di atas, versi clone merupakan buatan pihak ketiga dan bisa Anda clone lebih dari satu. Hal ini dikarenakan menggunakan package name alternatif yang berbeda dari nama resminya seperti com.wameta, com.whatsapp.meta, com.whatsappfrom.meta atau yang lainnya.

Jadi ketika Anda hanya memiliki satu HP tetapi ingin menginstall beberapa versi WA from Meta sekaligus, berarti harus memilih versi Clone. Sesuai namanya yaitu clone atau kloning, Anda tidak perlu repot-repot menguninstall WA resmi jika ingin menginstall WA versi from Meta.

Pilih versi clone saja, maka dalam satu HP bisa ada dua whatsapp yang terinstall secara bersamaan. Bahkan masih memungkinkan untuk Anda yang ingin memiliki lebih 2 versi WA pasti bisa.

WhatsApp GB versi clone di sebelah kiri dan unclone di sebelah kanan

Saat ini ada banyak sekali versi GB Whatsapp versi Clone yang tersebar dimana-mana, sulit untuk membedakan resmi atau mod. Jika penasaran, silahkan coba semua versi langsung install dalam satu HP tanpa menghapus aplikasi WA sebelumnya.

Kelebihan Aplikasi Whatsapp Clone

  • Tampilan tanpa iklan.
  • Banyak tersedia fitur premium yang tidak ada di aplikasi resmi.
  • Tersediannya banyak thema dan personalisasi pengguna.

Kekurangan Aplikasi Whatsapp Clone

  • Tidak bisa Update otomatis melalui Google Playstore karena aplikasi ini tidak tersedia di Google Playstore
  • Terkadang sering force close atau keluar sendiri ditambah dengan kinerjanya tak stabil seperti aplikasi versi resminya
  • Memakan RAM yang lebih besar dikarenakan aplikasi merupakan hasil modifikasi pihak ketiga apalagi diinstal secara bersamaan sekaligus.
  • Mudah akun wa terbanned
  • Untuk versi clone bisa di install tanpa harus menghapus whatsapp original dan sedangkan di unclone hanya bisa di intall pada saat whatsapp original sudah terhapus.

#3 Aplikasi WhatsApp Versi Unclone

Namanya saja Unclone, berarti kebalikan dari yang versi Clone di atas tadi. Pada versi unclone ini Anda tidak bisa menginstall dua aplikasi WA atau lebih hanya dalam satu HP yang sama (un-clone).

Ini berarti juga apabila Anda ingin berganti dari WA from Meta ke versi lain, Anda harus uninstall terlebih dahulu baru pasang versi lainnya. Karena versi unclone, maka keuntungan yang diperoleh penggunakan adalah lebih aman dari banned.

Tentu saja ini karena menggunakan package name bawaan resmi yakni com.whatsapp dan sudah terbukti lebih aman juga.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, whatsapp mod clone menguntungkan karena bisa menginstall lebih banyak aplikasi whatsapp mod tanpa harus uninstall versi sebelumnya.

Sedangkan kalau versi Unclone hanya satu aplikasi whatsapp dan bisa membuat memori internal HP jadi lebih hemat atau irit penyimpanannya. Perbedaan whatsapp clone dan unclone di wa mod memang tidak begitu kentara, namun tak ada salahnya untuk mencoba. Yang jelas, do at your own risk!

About the author

Online Navigator

Add Comment