Arti Tombol Soak dalam Mesin Cuci dan Cara Pakainya

A

Mesin cuci merupakan peralatan untuk memudahkan mencuci pakaian khususnya di saat musim hujan. Sebab di dalamnya ada bagian pengering yang bisa untuk membuat pakaian lebih kering tanpa harus dijemur. 

Bagi orang yang awam dan belum pernah menggunakan sebaiknya memahami berbagai tombol di dalamnya. Semua tombol ini memiliki arti tersendiri untuk memudahkan dalam mengoperasikan mesin tersebut. 

Kesalahan dalam memencet tombol bisa saja menjadi proses awal terjadinya kerusakan. Lantas apa saja tombol di mesin cuci dan apa arti dari istilah tersebut? Yuk simak ulasan berikut:

Arti Soak dan Tombol Lainnya di Mesin Cuci

Bagi yang mau membeli sebaiknya pahami semua tombol di mesin cuci dan berikut penjelasannya:

SOAK

Arti Soak Pada Mesin Cuci
Arti Soak Pada Mesin Cuci

Soak merupakan istilah untuk proses perendaman tambahan pada cucian khususnya yang bernoda. Proses ini dilakukan agar noda tersebut bisa segera hilang dari pakaian. 

Jadi saat kamu memasukkan air dan detergen maka mesin akan berputar. Selanjutnya, kamu bisa meletakkan seluruh pakaian dan mesin akan berputar kembali. 

Untuk proses tambahan dengan menekan tombol ini maka mesin akan berputar dan memproses pakaian untuk lebih bersih. Dengan tambahan ini maka pakaian yang mengandung noda akan hilang. 

Fungsi Soak

Dari arti di atas maka tombol Soak ini dikhususkan untuk pakaian dengan noda yang membandel. Dengan demikian kamu jangan sampai mencampur pakaian dengan noda bandel dan lainnya. 

Hal ini agar proses pembersihan bisa dilakukan secara khusus dengan tombol di atas. Rata-rata semua mesin cuci dilengkapi dengan fitur tersebut dan bedanya hanya letak tombolnya. Jadi mesin cuci Polytron, Sharp, Aqua dan yang lainnya itu tersedia fitur tersebut. 

Dari fungsinya tombol ini memang lebih dikhususkan sehingga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Akibatnya bisa saja merusak pakaian baik dari sisi warna atau bagian lainnya. 

Waktu Menggunakan Tombol Soak

Untuk menggunakan SOAK pada mesin cuci harus dilihat terlebih dahulu label pada pakaian. Sebab beberapa pakaian ada yang bisa direndam namun ada pula yang tidak boleh. Jika pakaian yang tidak bisa direndam lalu dipaksakan akan merusak bahkan bisa saja menyusut. 

Untuk mengetahui, kamu bisa membaca label tersebut secara teliti. Jika keterangannya bisa direndam maka kamu bisa merendam dan memanfaatkan fitur Soak pada mesin cuci. 

Cara Menggunakan Soak

Untuk menggunakan Soak harus dilakukan dengan beberapa langkah dan tidak boleh sembarang. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Langkah 1: Tekan tombol power untuk menghidupkan mesin cuci.
  2. Langkah 2: Klik start lalu atur proses pencucian sesuai keinginan. 
  3. Langkah 3: Tekan tombol soak untuk memulai proses perendaman. 
  4. Langkah 4: Tunggu hingga prosesnya selesai dilakukan.

Secara keseluruhan Soak merupakan tombol untuk merendam pakaian dengan noda bandel. Dengan proses ini maka noda tersebut bisa hilang dari pakaian dan membuatnya lebih bersih.

Kelebihan dan Kekurangan Soak pada Mesin Cuci

Fungsi Soak pada mesin cuci punya suatu kelebihan. Jika dibanding tidak menggunakan proses Soak ini, jelas hasil cucian lebih bersih. Tapi, banyak orang yang lebih memilih melewati proses Soak (merendam) pada mesin cuci. Pasalnya, proses mencuci menjadi lebih lama dengan adanya proses ini.

Arti Tombol Lainnya di Mesin Cuci

Selain Soak ada juga tombol lain seperti Rinse dan Spin. Kedua tombol ini memiliki fungsi dan peranan yang berbeda dari Soak. Rinse digunakan untuk membilas ulang sedangkan Spin untuk mengulang putaran pada mesin cuci. 

Arti Rinse dalam Mesin Cuci

Tombol Wash Rinse Dan Spin Di Mesin Cuci
Tombol Wash Rinse Dan Spin Di Mesin Cuci

Tombol lain yang ada pada mesin cuci adalah rinse. Jenis tombol ini memiliki fungsi untuk proses bilas ulang pada cucian tertentu. Hal ini dilakukan setelah proses siklus cucian berhenti.

Umumnya tombol ini digunakan saat kamu mencuci boneka atau cucian lain yang menyerap banyak air. Dengan tombol ini maka mesin akan membilas ulang dan kotoran atau air akan cepat semakin sedikit dan kering. 

Arti Tombol Spin

Untuk tombol ini merupakan proses perputaran tabung mesin dalam memeras air pada cucian. Proses ini hanya memeras dan tanpa adanya proses pengeringan pada pakaian. 

Fitur ini banyak digunakan sebagai siklus utama atau proses tambahan. Umumnya spin ini memiliki kecepatan tertentu untuk mempercepat proses pemerasan. Semakin tinggi kecepatan semakin cepat terperas.

Dengan proses seperti ini memudahkan cucian lebih cepat kering saat dijemur. Saat musim hujan, fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan cucian lebih cepat di bawah terik matahari. 

About the author

Online Navigator

Add Comment