Contoh Susunan Acara Perpisahan Sekolah Terbaru

C

Perpisahan sekolah menjadi salah satu acara yang tidak boleh gagal karena bisa menjadi kenangan di masa depan. Untuk itu perlu merencanakannya dengan matang sesuai contoh susunan acara perpisahan terbaru di bawah ini.

Perencanaan susunan acara perpisahan menjadi sangat penting agar siswa calon alumni tidak kecewa nantinya. Anda bisa mengisi acara perpisahan dengan berbagai penampilan kreativitas, namun ada runtutan acaranya harus tertib.

Kelancaran suatu acara bergantung pada susunan acara yang telah direncanakan, tidak heran jika susunan acara merupakan hal yang paling krusial untuk dipersiapkan terlebih dahulu.

Contoh Susunan Acara Perpisahan Terbaru

Penting rasanya bagi sekolah atau panitia perpisahan untuk mulai merencanakan susunan acara dari jauh hari. Salah satu referensinya bisa melihat di contoh susunan acara perpisahan terbaru di bawah ini.

Contoh Acara Perpisahan Siswa Sd Pringsewukab.go .id
Contoh Acara Perpisahan Siswa Sd Pringsewukab.go .id

Berikut ini susunan acara secara runtut sesuai urutan penomoran, simak ulasan selengkapnya!

1. Pembukaan (MC)

Pembukaan acara biasanya dibawakan oleh petugas MC, atau pembawa acara biasanya membuka acara dengan bacaan basmalah (Bismillahirrohmanirrohim). Pastikan memilih MC yang berpengalaman dalam membawakan acara perpisahan sekolah.

2. Sambutan dari Ketua Panitia

Seperti biasa, di acara perpisahan juga pasti ada sambutan dari Ketua Panitia acara yang berisi ucapan, terimakasih, ucapan selamat datang, harapan atau yang lainnya. Sebaiknya sambutan-sambutan dibatasi durasi waktunya agar tidak molor terlalu lama.

3. Ucapan kata-kata dari Siswa yang Hendak Lulus

Biasanya berupa ucapan terimakasih dan permohonan maaf terutama kepada guru dan pihak sekolah. Dilengkapi juga dengan minta doa restu untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi atau mencari masa depan yang lebih baik.

5. Ucapan kata-kata dari OSIS atau Adik Kelas

Hampir sama, perwakilan OSIS biasanya memberikan ucapan selamat kepada kakak kelas, permintaan maaf dan terima kasih. Tak lupa memberikan semangat kepada kakak kelas dalam melanjutkan perjuangannya.

6. Sambutan wali murid

Pastikan sambutan dari wali murid juga sudah direncanakan sebelumnya, pilih wali murid yang siap memberikan sambutan. Isi dari sambutannya sendiri lebih ke ucapan terima kasih saja kepada pihak sekolah yang sudah mendidik anak-anaknya.

7. Sambutan dari Kepala Sekolah

Berikan waktu yang cukup untuk Kepala Sekolah memberikan sambutan, artinya durasi waktunya tidak terlalu singkat dan tidak terlalu panjang juga. Hal ini sangat penting untuk mencegah kebosanan dan menjaga fokus audience dalam mendengarkan sambutan penting dari Kepala Sekolah. Contoh susunan acara perpisahan terbaru ini sebaiknya diurutkan dengan baik.

8. Acara pelepasan atribut sekolah

Di acara perpisahan sekolah, panitia penyelenggara bisa memanggil perwakilan 2 orang siswa yang sudah dipersiapkan sebelumnya untuk melakukan ceremony merupakan pelepasan atribut oleh kepala sekolah.

9. Penyerahan Cinderamata

Sama seperti pelepasan atribut, penyerahan cinderamata juga diwakilkan oleh siswa yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Guru atau wali kelas akan menyerahkan cinderamata sebagai kenang-kenangan berharga dalam hidup.

10. Penyerahan Hadiah untuk siswa berprestasi

Contoh susunan acara perpisahan terbaru selanjutnya adalah acara bergengsi terutama bagi siswa yang memiliki prestasi. Hadiah diberikan kepada siswa berprestasi selama sekolah baik prestasi akademik maupun non akademik.

11. Hiburan atau pentas seni

Hiburan di acara perpisahan bisa menjadi acara yang santai setelah semua rangkaian acara di atas berhasil terlaksana dengan baik. Biasanya di acara hiburan atau pentas seni menampilkan kemampuan siswa dalam bernyanyi, tarian tradisional, pembacaan puisi, drama atau yang lainnya.

12. Pembacaan doa

Tak lupa untuk membacakan doa yang bisa dipimpin oleh guru agama, ustadz atau orang yang dianggap bisa memimpin doa.

13. Penutup

Penutupan acara perpisahan bisa dipimpin langsung oleh MC atau pembawa acara, tak lupa sampaikan rasa terima kasih, permohonan maaf atas penyelenggaraan acara perpisahannya. Tutup acara dengan ucapan hamdalah, acara perpisahan akhirnya bisa berjalan lancar hingga selesai.

Pastikan acara perpisahannya seru dan tidak membosankan, apalagi kalau terlalu bertele-tele bisa mengecewakan orang-orang yang hadir. Selalu pastikan durasi waktu yang diberikan kepada setiap tahapan acara itu pas dan memiliki time management yang baik.

Itulah contoh susunan acara perpisahan terbaru dari tim Navi.id yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ketika mengadakan acara perpisahan nanti. Sesuaikan kembali acara-acaranya dengan kebutuhan dari Sekolah Anda.

About the author

Online Navigator

Add Comment