Jarak Surabaya Malang, Berapa Jam Waktu Tempuh dan Rutenya

J

Bicara Provinsi Jawa Timur, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Kota Surabaya dan Malang. Keduanya merupakan kota besar yang banyak dikunjungi wisatawan dalam negeri atau luar negeri, kisaran jarak surabaya malang dan jalur rekomendasinya bisa Anda temukan di artikel ini.

Jarak keduanya tidak terlalu jauh, banyak orang yang berlalu lalang menempuh perjalanan dari Surabaya ke Malang atau sebaliknya. Tak hanya untuk menikmati liburan, bisa keperluan bisnis, kuliah atau keperluan lainnya.

Ada banyak opsi transportasi yang tersedia untuk memudahkan mobilitas Surabaya – Malang. Baik menggunakan kendaraan pribadi, travel, bus antar kota, dan kereta api yang memiliki waktu tempuh berbeda-beda.

Jarak Surabaya – Malang

Kisaran Jarak Dan Waktu Tempuh Surabaya Malang
Kisaran Jarak Dan Waktu Tempuh Surabaya Malang

Kisaran jarak surabaya malang dan jalur rekomendasinya tidaklah terlalu jauh, kurang lebih 90 KM. Malang berada di selatan Surabaya dan menjadi kota terbesar kedua di Jawa Timur.

Wisata Alam Malang sudah terkenal indah dan menjadi destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Tak heran jika banyak warga Surabaya yang mengunjungi Kota Apel (julukan Kota Malang) di akhir pekan atau hari libur.

Sebaliknya, warga Malang juga banyak yang mengunjungi Surabaya sebagai kota bisnis yang menawarkan berbagai kebutuhan lengkap. Baik ke pusat perbelanjaan atau mencari barang-barang untuk keperluan bisnisnya yang nanti akan dibawa ke Kota Malang.

Jalur Rekomendasi Surabaya Malang

Ada beberapa pilihan jika Anda hendak pergi ke Kota Malang atau sebaliknya, estimasi waktu biasanya berdasarkan jenis transportasi yang Anda gunakan.

1. Menggunakan Sepeda Motor

Yang pertama bisa menggunakan sepeda motor dari Surabaya ke Malang untuk menghindari kemaceta lalu lintas di Kota Besar. Anda juga pasti sudah tahu kan bahwa kota-kota besar itu terkenal dengan tingkat kepadatan kendaraan yang tinggi?

Waktu tempuh naik sepeda motor kurang lebih 3-4 jam tergantung jalur yang Anda pilih, bisa lebih jauh atau lebih dekat. Ditambah lagi kondisi jalanan dan lalu lintas yang berbeda yang akan Anda temui di perjalanan nanti.

2. Menggunakan Mobil Pribadi

Menggunakan mobil pribadi mungkin akan terasa nyaman selama di perjalanan, Anda bisa bersantai bersama keluarga atau saudara. Jalur rekomendasi untuk Surabaya Malang ini jika menggunakan mobil pribadi sebaiknya melalui jalan Tol.

Jalan Tol Pandaan – Malang sepanjang 30,625 KM bisa mempersingkat waktu tempuh Surabaya – Malang menjadi hanya 1 jam. Biasanya waktu tempuh yang dibutuhkan berkisar antara 4-5 jam perjalanan.

3. Menggunakan Kendaraan Umum (Bus)

Perjalanan menggunakan bus umum bisa menjadi alternatif lain di samping menggunakan motor atau mobil pribadi. Naik Bus memang harus mengeluarkan sejumlah uang sebagai  ongkosnya, sebaiknya pilih Bus tarif eksekutif agar nyaman selama perjalanan.

Bus yang Anda naiki biasanya melewati rute  Surabaya – Sidoarjo – Porong – Gempol – Pandaan – Purwosari – Purwodadi – Lawang – Singosari – Malang. Perjalanan menggunakan Bus memakan waktu hingga 3,5 jika siang hari dan hanya 2 jam jika perjalanan malam hari.

4. Menggunakan Kereta Api

Seandainya ingin lebih cepat dibandingkan Bus, maka pilihannya adalah kereta api, salah satu alat transportasi favorit karena bebas macet. Perjalanan menggunakan kereta api juga jadi lebih singkat, Anda hanya membutuhkan waktu 1 jam.

Anda akan berangkat dari Stasiun Gubeng – Wonokromo – Waru – Gedangan – Sidoarjo – Tanggulangi – Porong – Bangil – Lawang – Singosari – Blimbing – Malang Kota Baru dan Malang Kota Lama.

5. Menggunakan Jasa Travel

Alternatif pilihan yang terakhir adalah menggunakan jasa travel, biasanya menggunakan kendaraan yang mirip dengan mobil pribadi ataupun mobil jenis elf. Menggunakan jasa travel juga nyaman asalkan mendapatkan jasa travel terpercaya dan murah.

Tidak beda jauh untuk waktu tempuh perjalanannya, hanya perlu 2-3 jam perjalanan untuk sampai di Malang.

Pada dasarnya kisaran jarak surabaya malang dan jalur rekomendasinya bisa non tol dengan waktu tempuh 2 jam saat weekdays dan 4-5 jam saat weekend. Sedangkan ketika menggunakan jalur tol waktu tempuh bisa terpangkas hingga kurang dari 1 jam.

Nah bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan Surabaya – Malang atau sebaliknya bisa memilih beberapa alternatif pilihan di atas. Setiap jenis transportasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing.

Kisaran jarak surabaya malang dan jalur rekomendasinya dari tim Navi.id diatas bersifat hanya perkiraan rata-rata. Terutama dalam hal waktu, estimasinya hanya bisa diketahui ketika Anda telah berada di perjalanan Surabaya Malang.

About the author

Online Navigator

Add Comment